PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2147Keywords:
Model Examples Non Examples, Pemahaman Konsep Matematis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model examples non examples dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Pembda 2 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis. Data dianalisis dengan menggunakan statistika inferensial. Berdasarkan rata-rata hasil postest untuk tes kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh kelas eksperimen 80,30 sedangkan pada kelas kontrol 63,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menerapkan model examples non examples pada proses pembelajaran matematika lebh efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.References
Hujodo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
NCTM (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Councilof Teachers of Mathematics.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Van De Walle, John. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Erlangga.