ANALISIS KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI ALO’OA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3800Keywords:
Kemampuan Problem Solving, Program Linear, Penelitian DeskriptifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan problem solving siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa yang berjumlah 32 siswa. Sampel pada penelitian ini sama dengan populasi yaitu semua siswa kelas X TKJ 1. Instrumen yang digunakan adalah soal tes materi program linear. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif skala lima. Diharapkan nantinya melalui penelitian ini, dapat memberikan gambaran kepada pihak guru dan peneliti gambaran kemampuan problem solving matematis siswa pada materi program linear dan langkah yang dapat di tempuh untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa,References
Azman, A., Ambiyar, Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. (2020). Link And Match Policy In Vocational Education To Address The Problem Of Unemployment. International Journal Of Multi Science,1(6), 76-85.
BSNP (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Eman, Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020
Kemendikbud (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847
Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.
Mendrofa, Netti Kariani (2018). Penerapan Pendekatan Problem Posing Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa SMP Swasta BNKP Simon. FANGERAI, 3 (1), 1-9.
Mendrofa, Netti Kariani (2020). Efektivitas pendekatan contekstual teaching and learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa SMP negeri 7 alasa. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains dan Pembelajarannya. 14 (1), 1-10.
Mendrofa, Netti Kariani (2021) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Sitoli Alooa. Warta Dharmawangsa, 15 (1), 147-156.
Mendrofa, Ratna Natalia. (2019). Pengaruh Pemberian Kuis terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Swasta Pembda 1 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018 : Didaktik. 13 (1), 2232-2237.
Mendrofa, Ratna Natalia. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Dan Motivasi Siswa SMP Negeri 7 Alasa. Didaktik. 13 (2), 2333-2339
Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar., & Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974 -7980. DOI: 10.13189/ujer.2020.082585.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, PISA. Paris: OECD Publishing.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, 6 (1); 90-96. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Timor, A. R., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Zagoto, M. M. (2020). Effectiveness of problem-based model learning on learning outcomes and student learning motivation in basic electronic subjects. International journal of multi science, 1(10), 1-8
Zagoto, M. M. & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Netti Kariani Mendrofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.