PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MATEMATIKA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18925Keywords:
Modul, Etnomatematika, Discovery Learning, 4DAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dikuasai oleh siswa di sekolah. Namun kenyataannya siswa SMP kelas VIII SMP Negeri 4 Gunungsitoli mengalami hambatan dalam proses pembelajaran karena bahan ajar yang digunakan terbatas. Sehingga siswa tidak mampu belajar mandiri tanpa kehadiran guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika menggunakan metode discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Tahap pertama pada model 4D adalah define atau pendefenisian yang dilakukan dengan menganalisis font-end, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap kedua adalah design atau perencanaan yang dilakukan dengan menyusun tes kriteria, memilih media pembelajaran atau bahan ajar, memilih bentuk penyajian dan mensimulasikan penyajian dengan media pembelajaran atau bahan ajar. Pada tahap ketiga adalah develop atau pengembangan yang dilakukan dengan uji validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Pada tahap keempat adalah disseminate atau penyebaran yang dilakukan dengan validation testing, packaging, diffusion dan adoption. Berdasarkan hasil penelitian, modul yang dikembangkan telah teruji sangat layak oleh validator ahli materi I sebesar 89%, ahli materi II sebesar 95%, ahli bahasa sebesar 97%, dan ahli desain sebesar 98%. Selanjutnya, modul juga sangat praktis digunakan oleh siswa dan guru dengan persentase kepraktisan sebesar 86,25% dan persentase kepraktisan pada tahap penyebaran sebesar 95,06%. Modul juga efektif digunakan dengan persentase sebesar 81,25% untuk tahap pengembangan dan pada tahap penyebaran, memiliki keefektifan sebesar 96,87%. Dari hasil penelitian diatas, maka pengembangan modul berbasis etnomatematika menggunakan metode discovery learning pada materi matematika SMP sudah memenuhi harapan atau tujuan penelitian.References
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Endah Wulantina, & Maskar, S. (2019). Development of Mathematics Teaching Material Based on Lampungnese Ethomathematics. Edumatica?: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 71–78. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7493
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaran-matematika-inovatif/
Hardiyanti, T.A., Syaf, A.H., & Widiastuti, T. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Pada Materi Barisan Dan Deret. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 285–300.
Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. 232.
Kurniawan, W., & Hidayati, T. (2019). Etnomatematika" Konsep dan Eksistensinya. Penerbit CV. Pena Persada.
Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Education and Development, 10(2), 535–537.
Merdina Ziraluo, Helnanirma S. Fau, Nursari R. Simanullang, Bestari Laia, D. G. (2022). Filosofi Dan Makna Omo Sebua (Rumah Adat Besar) Di Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 1–16.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.
Nuryadi, Riawan Yudi Purwoko, Muhammad Irfan Rumasoreng, E. P. A. (20189). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berorientasi Pada Kemampuan Numerasi. News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/16299/1/Buku Model_Etnomatematika.pdf
Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Profesional Sejarah dan Filsafat Matematika. 1–108.
Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1–9.
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul dengan Pendekatan Discovery Learning pada Materi Himpunan. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 48–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.5594
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771
Winaryati, E. et. al. (2021). Cercular Model of RD & D.
Zega, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran. Journal of Smart Society ADPERTISI, 1(1), 18–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bakhtiar Alfin Angandrowa Hulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.