MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KONFLIK KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MAS INSAN KESUMA MADANI KECAMATAN NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG

Authors

  • M. Syukri Azwar Universitas Al Washliyah Medan
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Al Washliyah Medan
  • Siti Hazizah Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17685

Keywords:

Manajemen, Bimbingan Konseling, Peserta Didik

Abstract

Tulisan ini menjelaskan pada Manajemen Bimbingan Konseling dalam menangani konflik kenakalan peserta didik di MAS Insan Kesuma Madani. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengandalkan informan utama: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menyoroti dua hal utama: (1) Strategi manajemen bimbingan konseling di MAS Insan Kesuma Madani dalam mengatasi konflik siswa; dan (2) Hambatan yang dihadapi selama proses bimbingan konseling. Kesimpulannya, manajemen bimbingan konseling di sekolah tersebut telah secara efektif merencanakan dan mengimplementasikan strategi untuk mengorganisir dan menangani konflik dan kenakalan siswa. Kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan pihak sekolah lainnya dan dukungan dari wali murid menunjukkan peran penting dalam kesuksesan proses ini.

References

Ahmad Abdur Rohman, & Imas Masturoh. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa (Penelitian di SMP Plus Ma’arif Al-Muslihuun Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis) | Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/193

Ariyanti, F., Suriata, S., Zainuddin, M. S., & Suprianto, S. (2022). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Ccyberbullying Di SMP NEGERI 10 TARAKAN. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.35334/JBKB.V4I1.2715

Cinda Hendriana, E., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/JPDI.V1I2.262

Darmayanti, D., & Nanda, M. (2019). Pelatihan Manajemen Stres Untuk meningkatkan kebahagiaan Para Santri di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Labuhanbatu Selatan.

Defriyanto, & Neti Purnamasari. (2016). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. KONSELI?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 207–218. https://doi.org/10.24042/KONS.V3I2.566

Djam’an Satori, & Aan Komariah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Hasan Agus, A. R., Rozi, F., & Faisal. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Seleksi Santri Berbasis Multiple Intelegence. a 5(1), 108–125. https://doi.org/10.36088/MANAZHIM.V5I1.2798

Nurwan, D. (2019). Layanan Konseling dengan Pendekatan Eksistensial Humanistik dalam Penyesuaian Diri Remaja (Penelitian Tindakan Konseling di Panti Asuhan Nurul Islam Kebaharan Kota Serang Banten).

Rofingah, S. (2007). Pengaruh bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Batu.

Sulidar, S., Yuslem, N., Is, F., Rambe, U. K., & Wildan, T. (2022). Kesuksesan Manajemen Komunikasi dan Psikologi Nabi Muhammad SAW Dalam Mengatasi Masalah Keluarga. AL QUDS?: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 6(3), 2580–3190. https://doi.org/10.29240/ALQUDS.V6I3.5490

Tatang Syaripudin. (2012). Ilmu Pendidikan, . Pustaka Setia.

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Azwar, M. S. ., Irwansyah, I., & Hazizah, S. . (2023). MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KONFLIK KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MAS INSAN KESUMA MADANI KECAMATAN NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 105–110. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17685