PROFIL PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMA PGRI 4 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41088Keywords:
Profil, Perencanaan Karir, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini di latar belakangi karena adanya permasalahan peserta didik yang belum mengetahui perencanaan karir setelah tamat SMA. Tujuan dari penelitian untuk: perencanaan karir dilihat dari konsep pemahaman karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep informasi karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep sikap peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep perencanaan dan pengambilan keputusan karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang, perencanaan karir dilihat dari konsep keterampilan karir peserta didik di SMA PGRI 4 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik di SMA PGRI 4 Padang yang berjumlah 68 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik total. Data dikumpulkan melalui angket perencanaan karir yang diuji validitasnya yaitu 0,368 dan uji reliabilitas 0,943. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya profil perencanaan karir peserta didik berada pada kategorti cukup tinggi. Penelitian ini bisa menjadi gambaran mengenai bagaimana pemilihan karir yang sesuai dengan keinginan peserta didik, berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik yang akan lulus SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir pada peserta didik tergolong cukup tinggi dengan persentase 84%.References
Ajijah, H. J & Selvi, E (2021). Populasi. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 233
Aisyah, Siti. Anshori, M. (2015). penguatan karakter peserta didik melalui pembiasaan sikap peserta didik terhadap karir. 6.
Fathonah, N. (2019). Penggunaan Metode Genogram untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 2(2), 285–286. https://doi.org/10.24235/prophetic.v2i2.5814
Fitriya Rizqi, E. S. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Dosen Politeknik Muhammadiyah Pekalongan Menggunakan Kuisioner Berbasis Web. Ejournal Politeknikmuhpkl, 2(1), 44.
Hasanah, N. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Peningkatan Pemahaman Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XI Jurusan TSM Di SMK Swasta Sri Wampu. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(2), 132–133. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/download/779/490
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 2.
Jijah Hilyatul A., E. S. (2021). populasi. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 233. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Julianti, Farial, & Nurmiati. (2024). Implementasi Layanan Informasi Bidang Karir Dalam Pengenalan Studi Lanjutan Peserta Didik Di Smp Negeri 11 Banjarmasin. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Kasan, I. A., & Agustina, I. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perencanaan Karir Di Kelas X Sma Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Pendas Mahakam, 7(2), 86–87.
Lubis, M. (2019). perencanaan karir. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Mahardika, I. M., Putra, P. A. G. S., Dewi, N. P. A. Ag. K., & Wirsiasih, K. (2022). Pengembangan Motivasi Diri dan Perencanaan Karir Siswa SMK PGRI 3 Denpasar Melalui Bimbingan Karir. PKM Widya Mahadi, 3(1), 190. https://doi.org/10.5281/zenodo.7447620
Rahmalia, R. N. (2017). pengaruh pelatihan guru BK untuk meningkatkan pengetahuan tentang perencanaan karir peserta didik. 01, 9.
Sugiyarto, J. (2018). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XII Akuntansi Smk Negeri 1 Sragen Melalui Bimbingan Karir Dengan Penggunaan Media Modul. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 262.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syahputri, M. &. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMK N 2 binjai. Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 47–53.
Wardani, & Trisnani. (2020). Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1Nglames Kabupaten Madiun. Seminar Nasional Edusaintek, 198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asih Shifa, Triyono Triyono, Besti Nora Dwi Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.