PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA CILEGON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40484Keywords:
Media, Google Classroom, Pembelajaran InformatikaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh keterbatasan akses internet pesertadidik dan rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran google classroom dalam mata pelajaran Informatika pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Cilegon. Penelitian ini berfokus pada dua aspek utama: (1) persepsi peserta didik terhadap penggunaan google classroom, dan (2) proses pemanfaatan media pembelajaran tersebut dalam peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam bidang Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, instrument dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa google classroom dinilai positif oleh peserta didik, terutama karena kemudahan akses dan penggunaannya. Selain itu, proses pembelajaran dengan google classroom dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar peserta didik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti akses internet yang terbatas dan kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom sangat positif dan membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar serta sangat relevan dengan dengan materi pembelajaran informatika.References
Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451
Bare, Y., & Kurniawati, M. (2022). Persepsi Guru danSiswa terhadap Pemanfaatan Media PembelajaranGoogle Classroom padaMata Pelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 3(2), 356–366.
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Herianti, H., Soe’oed, R., & Hudiyono, Y. (2022). Efektifitas Penerapan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa SMK Negeri di Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1s), 235–246. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1s.395
Herlambang, A. D., & Hidayat, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 180. https://doi.org/10.25126/jtiik.201633193
Lestari, S., & Marhamah, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057
Neilin Nikhlis, & Dendy Kurniawan. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Google Classroom Di Masa Pandemi Menggunakan Teknik EUCS. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer (JITEK), 2(1). https://doi.org/10.55606/jitek.v2i1.103
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Wijanto, M. C. (2021). Informatika SMP Kelas VII.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Redhian Putra, Beni Junedi, Ade Fricticarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.