RANCANGAN MODEL LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERBASIS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DALAM MENGENTASKAN PERILAKU MALADJUSTMENT(STUDI PADA PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA PADANG)

Authors

  • Rulaa Sarah Taajdjamil Universitas Pgri Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita Universitas Pgri Sumatera Barat
  • Rahmawati Wae Universitas Pgri Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42743

Keywords:

Rancangan, Rational Emotive Behavior Therapy, Cognitive Disputation, Maladjustment

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku maladjustment pada peserta didik broken home, seperti mudah tersinggung, mencari perhatian berlebih, dan kebiasaan menunda-nunda. Tujuannya adalah untuk: 1) Mengidentifikasi perilaku maladjustment pada peserta didik tersebut menggunakan pendekatan REBT dengan teknik cognitive disputation, dan 2) Membuat model layanan konseling individual berbasis REBT untuk mengatasi perilaku tersebut di SMP Muhammadiyah 6 Kota Padang. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan sampel 24 peserta didik dari 72 total populasi, yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku maladjustment berada pada kategori "Cukup Banyak" (63%), dan rancangan model layanan konseling mendapatkan validasi yang “Sangat Diterima” dengan skor rata-rata 3,44. Diharapkan model ini dapat diterapkan oleh guru BK untuk mengatasi perilaku maladjustment pada peserta didik broken home.

References

Alawiyah, Syarifah, Imas Kania Rahman, and Budi Handrianto. 2020. “Meningkatkan Kesadaran Menutup Aurat Melalui Pendekatan Konseling REBT Islami.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 5(2): 225–39.

Amaliya Fradinata, Suci, Mudjiran, and Dina Sukma. 2023. “Keterampilan Dasar Konselor Dalam Melakukan Konseling Individu.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 2(2): 119–28.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 125-131.

Bungin,Burhan.(2005).Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia

Cantika Meria Winnie, Fitria Kasih, Rahma Wira Nita. 2024. “Rancangan Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Berbasis Pendekatan Behavioral Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training Bagi Peserta Didik Korban Bullying {Studi Analisis Deskriptif Di SMA N 8 Padang}.” PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran) 7(2): 189–96.

Distya, Dwi. 2013. “Studi Tentang Pengentasan Masalah Siswa Pada Keluarga Broken Home Di Smta Negeri Kabupaten Sidoarjo Tahun 2012-2013.” Jurnal BK UNESA 3(Juli): 14–24.

Fahrezi, N. (2022). Model Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Painan. Skripsi. Padang. Universitas PGRI Sumatera Barat

Laras Rama Tania, Hadiwinarto, Rita Sinthia. 2019. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Penyesuaian Diri Yang Salah Pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Consilia 2(1): 66–74.

MacLaren, C., Doyle, Kristene.A, & D.G. Raymond (2016). Emosi Rasional Terapi Perilaku (REBT) Teori dan Praktek. SAGE Publications, Inc: 237

Shanty, Rendicka Mayang Nira, and Elisabeth Christiana. 2013. “Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Di SMPN Se-Kecamatan Bangsal Mojokerto.” Jurnal BK UNESA 03, Nomor: 393.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Tadung, Frieska Putrima. 2021. “Bimbingan Konseling Pada Siswa Yang Berperilaku Menyimpang Akibat Perceraian Orang Tua Di Sekolah Kasih Karunia Jakarta.” POIMEN : Jurnal Pastoral Konseling 2(2): 65–89.

Thahir, Andi, and Dede Rizkiyani. 2016. “Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) Dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung Andi Thahir, Dede Rizkiyani.” KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 03(2): 197–206.

Wulandari, Nilas Siti, Firman, Netrawati, and Mohd Nazri. 2024. “Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan REBT Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Dan Meningkatkan Kepercayaan Siswa Kelas XII Dalam Mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Di MAN 1 Aceh Tenggara.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(1): 107–10.

Downloads

Published

2025-02-16

How to Cite

Taajdjamil, R. S., Nita, R. W., & Wae, R. (2025). RANCANGAN MODEL LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERBASIS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DALAM MENGENTASKAN PERILAKU MALADJUSTMENT(STUDI PADA PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA PADANG). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42743

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.