PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DI SMAN 6 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.42557Keywords:
Hasil Belajar, Canva, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran berbasis canva di SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus , dengan subjek penelitian seluruh pesera didik kelas XII.1 SMA Negeri 6 Palembang yang berjumlah 37 orang peserta didik pada materi praktik demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII.1 SMA Negeri 6 Palembang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2. Pada siklus 1 ini nilai rata-rata peserta didik yaitu 7,2 dengan persentase ketuntasan 56% yaitu sebanyak 16 orang peserta didik yang tuntas dan 21 orang peserta didik tidak tuntas. Pada siklus 2 nilai rata-rata peserta didik yang tuntas sebsar 8 dengan persentase ketuntasan sebesar 92% yakni sebanyak 34 orang peserta didik tuntas dan 3 orang peserta didik tidak tuntas.References
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, Vol. 2, No. 25, Hal. 1-6.Analicia, Tenty, dan Relsas Yogica. 2021. Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva Pda Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha. 9(2):260.
i, dkk (2022). Peningkatan Hasil Belajar meta Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Aplikasi Canva.com Pada Siswa SMK Pancasila.Jurnal Program Studu PGMI.9(4). Nurfadhillah, S. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajarsiswasd Negeri Kohod Iii. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 3, No. 2, Hal. 243-255.
Pelangi, G., Syarif, U., & Jakarta, H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96
Priska, E. E. J, Rustam., & Sinaga, A. (2022). Pengaruh media pembelajaran aplikasi canva terhadap hasil mennulis iklan poster di smp nasional sarriputra jambi.Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 11(2), 139, diambil dari:https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/download/6644/3411
Rahma Elvira Tanjung dan Delsina Faiza. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elekronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika. 7 (2): 70-85
Rahmawatii, Farida, dan Idam R. 2021.Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu. (5) 6271-79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Nova Linda, Emil El Faisal, Dahlia Dahlia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.