Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 121308 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7798Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah metode kuantitatif (pre-experimental), dimana hanya terdapat satu kelompok kelas penelitian dan pemilihan sampel tidak boleh dilakukan secara acak. Populasi penelitian ialah siswa kelas IV SDN 121308 Pematang Siantar. Pemilihan sampel adalah dengan sampel jenuh, sehingga sampel penelitian adalah seluruh populasi. Ada 2 variabel penelitian, yaitu variabel bebas (model pembelajaran berbasis masalah), dan variabel terikat (hasil belajar siswa). Instrumen penelitian adalah observasi, tes awal (pre-test), perlakuan (treatment), dan pasca tes (post-test). Merujuk pada hasil penelitian, penerapan PBM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun beberapa hasilnya, yakni (1) rata-rata siswa sebelum perlakuan adalah 49,93, kemudian meningkat menjadi 78,33 setelah perlakuan; (2) hasil perhitungan uji-t adalah 16,15 dengan t-tabel 1,699. Maka 16,15 > 1,699. Dengan demikian H0 ditolak, dan Ha diterima. Kesimpulannya, model PBM berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 121308.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Sipahutar, Y. ., Lumbantobing, M. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 121308 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6811–6818. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7798
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yessica Sipahutar, Minar Lumbantobing, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).