Pengaruh Pengunaan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar pada Subtema Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7538Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tema 1 Berbagai Pekerjaan Dengan Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ha), dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 1 Berbagai Pekerjaan dengan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu (Ho). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Pre-Eksperimental yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu yang berjumlah 30 orang. Karena populasi kurang dari 50 orang maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 7,06 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema jenis-jenis pekerjaan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Matondang, J. R. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Pengunaan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar pada Subtema Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5503–5515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7538
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Johan R. Matondang, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).