Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8777Abstract
Pendidikan merupakan proses yang terjalin baik dengan keberadaan pribadi dan masyarakat. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan tumbuhnya aktivitas belajar siswa, fungsi guru sebagai motivator sangatlah penting. Agar proses belajar mengajar menjadi dinamis, guru harus mampu memotivasi siswa, menekankan kekuatan mereka, membuka potensi mereka, dan menginspirasi aktivitas dan inovasi. Di kelas IV SD Negeri 1243845 Pematangsiantar, tujuan utama pembelajaran adalah untuk mengetahui apakah tingkat motivasi guru berpengaruh terhadap tingkat hasil belajar siswa. Sebuah teknik kuantitatif diadopsi untuk proses penelitian. Desain penelitian ini menggunakan strategi korelasional. Metode untuk memperoleh data adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Uji kesukaran, daya pembeda, homogenitas, normalitas data, dan hipotesis merupakan teknik analisis yang digunakan. Informasi yang dikumpulkan oleh Sig (nilai 2-tailed lebih besar dari 0,05). Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa motivasi instruktur dan hasil belajar siswa berhubungan dalam 98,9% kasus, dengan koefisien korelasi 0,989.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Marbun, M. R. ., Lumbantobing, M. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3497–3505. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8777
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Martogi Rohana Marbun, Minar Lumbantobing, Esti Marlina Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).