Pengaruh Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8481Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa (Ha) dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa (H_O). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091496 Tanah Jawa yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil t_hitung sebesar 8,31 dan t_tabel 2,045 dengan taraf signifikansi 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-11-07
How to Cite
Siregar, T. O. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 091496 Tanah Jawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1949–1961. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8481
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Try Oktari Siregar, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).