Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8818Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (H1) dan tidak ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SDN 121309 Pematangsiantar (HO). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 121309 Pematangsiantar yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 10,655 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran subtema pentingnya udara bersih bagi pernapasan di SD Negeri 121309 Pematangsiantar. Ini berarti H1 diterima dan HO ditolak.Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Siahaan, B. J. A. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan di SD Negeri 121309 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3683–3692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8818
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Brefman Juli Andre Siahaan, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).