Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Organ Gerak di Kelas V SD

Authors

  • Erikson Sitanggang Universitas HKBP Nommensen
  • Minar Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7574

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada materi organ gerak hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental bentuk one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122355 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,dan hipotesis. Data ini dianalisis dengan bantuan windows SPSS 25. Pengajuan hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji paired sampel test memperoleh hasil thitung =25,04 > ttabel = 2,074. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 122355 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-10-16

How to Cite

Sitanggang, E. ., Lumbantobing, M. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Organ Gerak di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5681–5690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7574

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>