Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Organ Gerak di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7574Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada materi organ gerak hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental bentuk one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122355 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,dan hipotesis. Data ini dianalisis dengan bantuan windows SPSS 25. Pengajuan hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji paired sampel test memperoleh hasil thitung =25,04 > ttabel = 2,074. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 122355 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-16
How to Cite
Sitanggang, E. ., Lumbantobing, M. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Organ Gerak di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5681–5690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7574
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erikson Sitanggang, Minar Lumbantobing, Esti Marlina Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).