Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8313Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, (1) Ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (Ha diterima) dan (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan melalui penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar (H0 diterima). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 121308 Pematang Siantar yang berjumlah 30 orang. Populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskripitif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui bahwa hasil thitung sebesar 18,89 dan ttabel 1,699 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Pasaribu, C. S. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1021–1031. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8313
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Cindy SanazTasya Pasaribu, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).