Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 122355 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8366Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat pembelajaran audio visual ke dalam pembelajaran topik pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar di kelas tiga. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka secara ekstensif, dimulai dengan proses pengumpulan data dan dilanjutkan dengan interpretasi data dan penyajian temuan dalam penelitian. Untuk keperluan penelitian ini, penulis menggunakan Desain Pra Eksperimen berupa Pre-Test dan Post-Test Satu Kelompok. Dalam pengaturan ini, pengamatan dilakukan dua kali, sekali sebelum percobaan dan sekali setelah itu. Pertama kali sebelum percobaan, dan yang kedua setelah itu. Ditentukan bahwa data berdistribusi normal setelah hasil perhitungan koefisien pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 diketahui nilai yang diperoleh lebih dari 0,05. Nilai yang diperoleh sebesar 0,18. Ditentukan ada pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 122355 Pematangsiantar dengan menghitung koefisien pretest dan posttest dengan aplikasi SPSS 21 dan memperoleh hasilnya (16,518>2,074). Hal ini mengarah pada kesimpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran topik.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Napitupulu, R. A. ., Lumbantobing, M. ., & Sibagariang, S. A. . (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 122355 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1239–1247. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8366
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rika Afryani Napitupulu, Minar Lumbantobing, Susy Alestriani Sibagariang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).