Pengaruh Penggunaan Model Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8010Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah model pembelajaran Time Token berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema ayo cintai lingkungan di SD Negeri 091347 Tigarunggu atau tidak. Ada 2 hipotesis pada penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh penggunaan model Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu, dan (2) tidak ada pengaruh penggunaan model Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091347 Tigarunggu yang berjumlah 30 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi ? = 0,05 dan ttabel 1,699, diperoleh thitung = 9,54. Ini berarti thitung > ttabel (9,54 > 1,699). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada subtema ayo cintai lingkungan di SD Negeri 091347 Tigarunggu. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-10-27
How to Cite
Purba, D. A. ., V, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Penggunaan Model Time Token terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Ayo Cintai Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8203–8214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8010
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Daniel Amardo Purba, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).