Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 121308 Pematang Siantar

Authors

  • Yessica Sipahutar Universitas HKBP Nommensen
  • Minar Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7798

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah metode kuantitatif (pre-experimental), dimana hanya terdapat satu kelompok kelas penelitian dan pemilihan sampel tidak boleh dilakukan secara acak. Populasi penelitian ialah siswa kelas IV SDN 121308 Pematang Siantar. Pemilihan sampel adalah dengan sampel jenuh, sehingga sampel penelitian adalah seluruh populasi. Ada 2 variabel penelitian, yaitu variabel bebas (model pembelajaran berbasis masalah), dan variabel terikat (hasil belajar siswa). Instrumen penelitian adalah observasi, tes awal (pre-test), perlakuan (treatment), dan pasca tes (post-test). Merujuk pada hasil penelitian, penerapan PBM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun beberapa hasilnya, yakni (1) rata-rata siswa sebelum perlakuan adalah 49,93, kemudian meningkat menjadi 78,33 setelah perlakuan; (2) hasil perhitungan uji-t adalah 16,15 dengan t-tabel 1,699. Maka 16,15 > 1,699. Dengan demikian H0 ditolak, dan Ha diterima. Kesimpulannya, model PBM berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 121308.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Sipahutar, Y. ., Lumbantobing, M. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 121308 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6811–6818. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7798