Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9102Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan metode Ex Post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner sebanyak 20 butir dengan menggunakan skala Likert yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika maka penting untuk menghitung uji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelasi dari pearson bentuk yang ke dua. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika (rhitung) sebesar 0,84 dan signifikansi korelasi (thitung) sebesar 8,20 jika dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 1,96 pada taraf signifikan 0,05 maka thitung>ttabel (8,20 > 1,96) sehingga nilai tersebut signifikansi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Dabukke, R. C. ., Purba, N. A. ., & Sianturi, C. L. . (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5160–5169. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9102
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ruth Cheisa Dabukke, Nancy Angelia Purba, Canni Loren Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).