PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI DIGITAL ZEP QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SISWA KELAS V SDN 6 NAGRI KALER PURWAKARTA

Authors

  • Afiena Siti Salamah UPI Purwakarta
  • Annisa Gianova UPI Purwakarta
  • Desiana Putri Nabila UPI Purwakarta
  • Ratih Septia Putri Utami UPI Purwakarta
  • Tri Hajsari Sabili UPI Purwakarta
  • Hafiziani Eka Putri UPI Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53961

Keywords:

Zep Quiz, Evaluasi Digital, Bilangan Cacah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi matematika, khususnya bilangan cacah, menunjukkan adanya kesenjangan antara apa yang diajarkan dengan apa yang benar-benar dipahami siswa di kelas. Proses evaluasi yang seharusnya membantu meningkatkan penguasaan siswa sering kali kurang efektif karena masih menggunakan metode evaluasi lama, yaitu penilaian berbasis kertas (paper-based test) yang bersifat satu arah, monoton, kurang interaktif, dan membutuhkan waktu lama untuk memberikan umpan balik. Metode konvensional semacam ini tidak hanya membuat siswa cepat bosan, tetapi juga kurang mampu memunculkan motivasi belajar karena siswa hanya mengerjakan soal tanpa stimulasi visual maupun pengalaman interaktif. Situasi tersebut mendorong dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Zep Quiz sebagai alat evaluasi digital dapat memengaruhi hasil belajar matematika materi bilangan cacah siswa kelas V di SDN 6 Nagri Kaler Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 25 siswa yang mengisi kuesioner berisi tujuh pernyataan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zep Quiz mendapatkan respons yang sangat positif. Sebanyak 92% siswa menyatakan bahwa media tersebut mudah digunakan, dan seluruh siswa (60% setuju, 40% sangat setuju) merasa lebih termotivasi ketika belajar menggunakan Zep Quiz. Selain itu, 100% menyatakan bahwa media ini membantu mereka memahami materi, 88% merasa latihan soal pada Zep Quiz meningkatkan ketelitian, dan 80% mengalami peningkatan hasil belajar. Bahkan, 88% siswa berharap Zep Quiz digunakan kembali pada pembelajaran berikutnya. Berdasarkan temuan tersebut, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Zep Quiz dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa melalui respons positif yang diberikan oleh peserta didik. Dengan demikian, Zep Quiz dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi digital yang menarik, interaktif, dan lebih efektif dibandingkan metode evaluasi konvensional. Penelitian ini juga merekomendasikan agar guru menggunakan media ini secara konsisten, sekolah menyediakan fasilitas pendukung, dan penelitian selanjutnya memperluas bahan kajian serta jenjang yang diteliti.

References

Afidah, N., & Subekti, F. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(3), 1944–1952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7564

Anisah, Ramadhani, T., Aulia, T. H., Anastasya, S. D., & Iskandar, S. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 467–481. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25861

Febriyanti, I. P. W., & Rahmawati, I. (2025). Pengembangan Media Game Interaktif Berbasis Wordwall (gateball) pada Materi Perkalian Bilangan Cacah Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 61–76.

Hidayatullah, & Haifaturrahmah. (2025). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(4), 252–264. https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35178

Kulsum, U., Arum, W. F., & Kurniawan, A. P. (2025). Deskripsi Antusiasme Belajar Siswa dengan Media Zep Quiz pada Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1795–1805. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7228

Maharani, F., Erlisnawati, & Alpusari, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.133

Muna, N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2025). Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDI Bahrul Ulum Panjang Jiwo. Primary Education Journals, 5(1), 141–144. https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.5154

Rusdi, H., Ervianti, R., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 347–360. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.23991

Safitri, D., Awalia, S., Sekaringtyas, T., Nuraini, S., Lestari, I., Suntari, Y., Marini, A., Iskandar, R., & Sudrajat, A. (2022). Improvement of Student Learning Motivation through Word-Wall-based Digital Game Media. iJIM: International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(6), 188–205. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.25729

Simatupang, S. S. (2025). Analisis Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Advances In Education Journal, 1(6), 625–630.

Sinaga, I. T. D., Rahan, N. W. S., & Azahari, A. R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286

Wulandari, M. P., Zahroh, N. A., Rahayu, P., & Elvitriana, S. P. (2025). Pemanfaatan Media Interaktif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Research in Education & Technology, 1(1), 27–37.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Salamah, A. S., Gianova, A., Nabila, D. P., Utami, R. S. P., Sabili, T. H., & Putri, H. E. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI DIGITAL ZEP QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH SISWA KELAS V SDN 6 NAGRI KALER PURWAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8814–8822. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53961

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)