PENGARUH PENGGUNAAN AI TERHADAP EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2024 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45728Keywords:
Penggunaan AI, Efisiensi BelajarAbstract
Keberadaan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah berhasil mengubah pandangan berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Penggunaan AI terhadap Efisiensi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner berbasis google form sebagai instrumen utama Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Medan stambuk 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 49 mahasiswa yang dipilih melalui teknik total sampling atau pengambilan sampel keseluruhan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI memiliki dampak positif dan signifikan terhadap peningkatan efisiensi belajar siswa yang dibuktikan dari perolehan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel Penerapan AI dalam kegiatan pembelajaran terbukti mampu mempercepat akses informasi, menyesuaikan materi dengan kebutuhan individu, serta membantu siswa dalam mengelola waktu secara lebih efektif Oleh karena itu, AI dapat dipandang sebagai inovasi pendidikan yang berkontribusi besar dalam mendorong proses pembelajaran yang lebih berkualitas dan efisienReferences
Abdurrahman, A. R., Rizki, M. B., & Pradana, R. B. (2025). Pe.ngaruh Pe.nggunaan Ai Te.rhadap Kompe.te.nsi Dan Motivasi Be.lajar Mahasiswa. Jati (Jurnal Mahasiswa Te.knik Informatika), 9(1), 201-210.
Adinda Arly, N. D. (2023). Imple.me.ntasi Pe.nggunaan Artificial Inte.llige.nce. Dalam Prose.s Pe.mbe.lajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Ke.las A. Prosiding Se.minar Nasiona, 363.
Arikunto, S. (2014). Prose.dur Pe.ne.litian: Suatu Pe.nde.katan Praktik. Jakarta: Rine.ka Cipta. Crompton, H., & Burke., D. (2020). Ke.ce.rdasan buatan dalam pe.ndidikan tinggi: ke.adaan te.rkini. Jurnal inte.rnasional te.knologi pe.ndidikan dalam pe.ndidikan tinggi, 20(1), 22.
Makmun, A. S. (2009). Psikologi Pe.ndidikan. Bandung: Re.maja Rosdakarya.
Me.iriza, M. S., Se.mbiring, G. B., Sitorus, M., Wardana, V., & Sakinah, N. (2024). Pe.ngaruh Pe.nggunaan Al te.rhadap Minat Be.lajar di Kalangan Mahasiswa: Studi Kasus pada Ge.ne.rasi
Z. AR-RUMMAN: Journal of E.ducation and Le.arning E.valuation, 1(2), 319- 327
Mufakhrasy, M. A., & Adawiyah, B. A. (2025). Pe.ngaruh Pe.nggunaan Artificial Inte.llige.nce. AI dalam Pe.mbe.lajaran dan Dunia Pe.ndidikan . Jurnal Pe.ndidikan Tambusai, 9(1), 5631– 5634.
Putri, A. F., Hayati, S. N., & Putri, A. R. (2025). RE.VOLUSI PE.MBE.LAJARAN ARTIFICIAL INTE.LLIGE.NCE. DALAM ME.MBANGUN E.FISIE.NSI BE.LAJAR.JATI (JurnalMahasiswa Te.knik Informatika), 9(1),677-684.
Rifky, S. (2024). Dampak pe.nggunaan artificial inte.llige.nce. bagi pe.ndidikan tinggi. Indone.sian Journal of Multidisciplinary on Social and Te.chnology, 2(1), 37-42.
Sari, L. F., & Anshori, I. (2018). Pe.nde.katan Be.lajar Mahasiswa dan Kaitannya de.ngan Pre.stasi Akade.mik. Jurnal Pe.ndidikan, 19(1).
Sie.me.ns, G. (2005). Conne.ctivism: A Le.arning The.ory for the. Digital Age.. Inte.rnational Journal of Instructional Te.chnology and Distance. Le.arning.
Surakhmad, W. (1982). Pe.ngantar Inte.raksi Be.lajar Me.ngajar, Dasar dan Te.knik. Me.todologi Pe.ngajaran. Bandung: Tarsito.
Suyono, A., & Pramono, S. S. (2012). Pe.rtimbangan Dalam Me.mbe.li Produk Barang Maupun Jasa.
Jakarta: Intidayu Pre.ss.
Zulkifli, N. (2018). Analisis Faktor E.fisie.nsi Be.lajar Mahasiswa Program Studi PG-PAUD FKIP Unive.rsitas Riau. Jurnal E.duchild: Pe.ndidikan dan Sosial, 7(1),75-81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Charle.s Fransiscus Ambarita , Apriani Hutabarat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




