PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR TARUNA/I POLITEKNIK PENERBANGAN MEDAN

Authors

  • Eka Wahyu Handayani Politeknik Negeri Medan
  • Danica Damayanti Simangunsong Politeknik Negeri Medan
  • Laurenchius Irvan Freddy Marbun Politeknik Negeri Medan
  • Samuel Valentino Damanik Politeknik Negeri Medan
  • Donna Nurhaida Masdiana Sirai Politeknik Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46701

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Budaya Lokal, Minat Belajar, Kearifan Lokal, Pendidikan Vokasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis budaya lokal terhadap minat belajar taruna/i di Politeknik Penerbangan Medan. Dalam menghadapi era globalisasi, penting bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam proses pembelajaran guna memperkuat identitas dan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memberikan dampak positif terhadap sikap dan keterlibatan taruna/i. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan relevan dengan kehidupan mereka. Taruna/i menunjukkan peningkatan minat belajar yang ditunjukkan melalui keaktifan dalam diskusi, kehadiran yang konsisten, serta kualitas tugas akhir yang lebih baik. Peran dosen sebagai fasilitator dan inovator dalam mendesain pembelajaran berbasis budaya lokal sangat menentukan keberhasilan pendekatan ini. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis budaya lokal tidak hanya efektif dalam pengembangan kompetensi bahasa, tetapi juga dalam menanamkan nilai-nilai budaya dan membentuk karakter kebangsaan taruna/i.

References

Budiyanto. (2005). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya . Depdiknas.

Harisatunisa, H., & Sauqi, C. (2023). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Penginyongan. Jurnal Kependidikan, 11(2), 211–225. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V11i2.8641

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 1(2), 159–170. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V1i2.193

Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal Of Conservation.

Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (Pbb) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 46. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I2.P46-59

Misriani, A., Cintari, S., & Zulyani, N. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131–7136. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i9.2392

Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2018). Dinamika Perkembangan Etnis Di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi, 25(1), 64. Https://Doi.Org/10.22146/Jp.32416

Rahayu, D., & Ruruk, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kecintaan Siswa Pada Budaya Daerah Toraja. Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 8–14. Https://Doi.Org/10.47178/5d1pk283

Sumarni, M. L., Jewarut, S., & Viktoria Melati, F. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Journal Of Education Research (Vol. 5, Issue 3).

Sumarni, M. L., Lumbantobing, W. L., & Jewarut, S. (2023). Peran Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Mulok Di Sekolah Dasar. Sebatik, 27(1), 327–332. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V27i1.2014

Umam, N. K., Masub Bakhtiar, A., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Desember, 1(2), 1–11.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Handayani, E. W., Simangunsong, D. D., Marbun, L. I. F., Damanik, S. V., & Sirai, D. N. M. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR TARUNA/I POLITEKNIK PENERBANGAN MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5558–5562. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46701

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.