PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR TARUNA/I POLITEKNIK PENERBANGAN MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46701Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Budaya Lokal, Minat Belajar, Kearifan Lokal, Pendidikan Vokasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis budaya lokal terhadap minat belajar taruna/i di Politeknik Penerbangan Medan. Dalam menghadapi era globalisasi, penting bagi institusi pendidikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam proses pembelajaran guna memperkuat identitas dan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memberikan dampak positif terhadap sikap dan keterlibatan taruna/i. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan relevan dengan kehidupan mereka. Taruna/i menunjukkan peningkatan minat belajar yang ditunjukkan melalui keaktifan dalam diskusi, kehadiran yang konsisten, serta kualitas tugas akhir yang lebih baik. Peran dosen sebagai fasilitator dan inovator dalam mendesain pembelajaran berbasis budaya lokal sangat menentukan keberhasilan pendekatan ini. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis budaya lokal tidak hanya efektif dalam pengembangan kompetensi bahasa, tetapi juga dalam menanamkan nilai-nilai budaya dan membentuk karakter kebangsaan taruna/i.References
Budiyanto. (2005). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya . Depdiknas.
Harisatunisa, H., & Sauqi, C. (2023). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Penginyongan. Jurnal Kependidikan, 11(2), 211–225. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V11i2.8641
Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 1(2), 159–170. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V1i2.193
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal Of Conservation.
Kristin, F. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (Pbb) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 46. Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I2.P46-59
Misriani, A., Cintari, S., & Zulyani, N. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131–7136. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i9.2392
Pitoyo, A. J., & Triwahyudi, H. (2018). Dinamika Perkembangan Etnis Di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi, 25(1), 64. Https://Doi.Org/10.22146/Jp.32416
Rahayu, D., & Ruruk, S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kecintaan Siswa Pada Budaya Daerah Toraja. Mataallo : Masyarakat Peneliti Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 8–14. Https://Doi.Org/10.47178/5d1pk283
Sumarni, M. L., Jewarut, S., & Viktoria Melati, F. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Journal Of Education Research (Vol. 5, Issue 3).
Sumarni, M. L., Lumbantobing, W. L., & Jewarut, S. (2023). Peran Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Mulok Di Sekolah Dasar. Sebatik, 27(1), 327–332. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V27i1.2014
Umam, N. K., Masub Bakhtiar, A., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Desember, 1(2), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Wahyu Handayani, Danica Damayanti Simangunsong, Laurenchius Irvan Freddy Marbun, Samuel Valentino Damanik, Donna Nurhaida Masdiana Sirai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.