ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS DI SDN 05 PAGI PISANGAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34064Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Perencanaan, kegiatan Pelaksanaan, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SDN 05 Pagi Pisangan Timur serta hasil dari Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di di SDN Pisangan Timur 05 Pagi menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN Pisangan Timur 05 Pagi yaitu: (1) dalam perencanaan pembelajaran, perangkat ajar yang digunakan guru sesuai dan mengacu pada perangkat ajar yang disediakan oleh Kemendikbudristek, dengan pilihan memodifikasi sendiri.(2) pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru berusaha mengacu pada prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan berada pada tahap berkembang dengan pertimbangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada peserta didik dan ketepatan metode pembelajaran yang digunakan.(3) evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara menyeluruh yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam bentuk tindak lanjut dan perbaikan untuk kegiatan proyek selanjutnya.(4) hasil pembelajaran telah sesuai dan mengacu pada prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud ristek. Pembelajaran yang dilaksanakan berada pada tahap berkembang, menyesuaikan dengan kondisi dan kekhasan sekolah tersebut.References
Ananda, S & Matnuh, H. 2023. (2023). Analisis Kegiatan P5 Di SMA Negeri 4 Banjarmasin Sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan.
Ashifa, R., & Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi. Academy of Education Journal.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 33–54.
Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.
Jannah, I. M. (2023). Hambatan dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kejarcita. https://blog.kejarcita.id/hambatan-dalam-pelaksanaan-proyek-penguatan-profil-pelajar-Pancasila/
Maria L, S. (2019). Effectiveness of instructor-guided independent learning in comparison to traditional didactic lecture in the preclinical medical curriculum: A retrospective cohort study. Medical Teacher, 795–801. https://doi.org/10.1080/0142159X.2019.1580355]
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Ihdal Umam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.