ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS DI SDN 05 PAGI PISANGAN TIMUR

Authors

  • Muhammad Ihdal Umam Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Kunaenih Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34064

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Perencanaan, kegiatan Pelaksanaan, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SDN 05 Pagi Pisangan Timur serta hasil dari Pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di di SDN Pisangan Timur 05 Pagi menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN Pisangan Timur 05 Pagi yaitu: (1) dalam perencanaan pembelajaran, perangkat ajar yang digunakan guru sesuai dan mengacu pada perangkat ajar yang disediakan oleh Kemendikbudristek, dengan pilihan memodifikasi sendiri.(2) pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru berusaha mengacu pada prinsip pembelajaran dalam kurikulum merdeka dan berada pada tahap berkembang dengan pertimbangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada peserta didik dan ketepatan metode pembelajaran yang digunakan.(3) evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara menyeluruh yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam bentuk tindak lanjut dan perbaikan untuk kegiatan proyek selanjutnya.(4) hasil pembelajaran telah sesuai dan mengacu pada prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud ristek. Pembelajaran yang  dilaksanakan berada pada tahap berkembang, menyesuaikan dengan kondisi dan kekhasan sekolah tersebut.

References

Ananda, S & Matnuh, H. 2023. (2023). Analisis Kegiatan P5 Di SMA Negeri 4 Banjarmasin Sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan.

Ashifa, R., & Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi. Academy of Education Journal.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 33–54.

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sma Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Jannah, I. M. (2023). Hambatan dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kejarcita. https://blog.kejarcita.id/hambatan-dalam-pelaksanaan-proyek-penguatan-profil-pelajar-Pancasila/

Maria L, S. (2019). Effectiveness of instructor-guided independent learning in comparison to traditional didactic lecture in the preclinical medical curriculum: A retrospective cohort study. Medical Teacher, 795–801. https://doi.org/10.1080/0142159X.2019.1580355]

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Umam, M. I. ., & Kunaenih, K. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS DI SDN 05 PAGI PISANGAN TIMUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12528–12532. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34064