PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32142Keywords:
Kegiatan Keagamaan, Ekstrakulikuler Rohani Islam, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis akhlak di kalangan remaja terutama di sekolah, hal ini ditandai dengan peserta didik yang menggunakan kata-kata kasar saat berbicara, terjadi nya tindakan kekerasan terhadap teman sebaya, rendahnya rasa hormat kepada guru dan orang tua, tidak punya rasa tanggung jawab. Maka zdiperlukan zpendidikan zkarakter zdi zsekolah. Pendidikan zkarakter zdi zsekolah zmerupakan zsalah zsatu zbentuk zyang zdilakukan zguru zsebagai zupaya zdalam zmembentuk zkarakter, zsalah zsatunya zmelalui zkegiatan zkeagamaan. Karena zkegiatan zkeagamaan zdapat zmembentuk zakhlak zpeserta zdidik. Penelitian zini zmenggunakan zmetode z“deskriptif zanalitik zkorelasional”. Objek zpenelitian zini zadalah zpeserta zdidik zkelas zX zdan zXI zdi zSMK zBina zPangudi zLuhur. Populasi zdalam zpenelitian zini zsebanyak z102 zpeserta zdidik, zyang zdijadikan zsampel zberdasarkan zrumus zslovin zmenjadi z81 zpeserta zdidik, zuntuk zmenganilisis zdata zdengan zcorelation zproduct zmoment z zdan zuji zhipotesis. Data zyang zdihasilkan zdari zsebesar z0,532, zberdasarkan zinterpretasi zdata zmenunjukkan zbahwa zkegiatan zkeagamaan zmemiliki zkorelasi zyang zsedang zatau zcukup zyaitu z0,40-0,70. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis kegiatan keagamaan, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMK Bina Pangudi Luhur yang menunjukan nilai t hitung sebesar 5.541 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05, artinya hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha.Downloads
Published
2024-07-24
How to Cite
Musyarofah, M., Suhaimi, F. ., & Kunaenih, K. (2024). PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK BINA PANGUDI LUHUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11029–11034. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32142
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Musyarofah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.