PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PROGRAM PEMBIASAAN IBADAH PESERTA DIDIK STUDI SURVEI DI SMK PELITA TIGA JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32211Keywords:
Penggunaan Media Sosisal, Program Pembiasaan Ibadah.Abstract
Kecanggihan perkembangan media sosial yang terus berkembang menjadi pendorong penelitian ini. Ditemukan juga bahwa penggunaan media sosial oleh peserta didik untuk mengisi waktu telah mengurangi kebutuhan mereka untuk beribadah. Penggunaan media sosial adalah suatu proses atau aktivitas yang melibatkan penggunaan platform untuk bertukar ide, berkreasi, berpikir, berdiskusi, mencari teman baru, dan berbagi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media sosial berdampak terhadap program pembiasaan beribadah SMK Pelita 3 Jakarta. 23 peserta didik Islam kelas X SMK Pelita 3 Jakarta dilibatkan dalam penelitian kuantitatif ini dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Oleh karena itu, sampel jenuh atau sensus digunakan dalam pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data korelasi product moment mempunyai nilai rx atau ro sebesar 0,820 dibandingkan dengan nilai rt sebesar 0,423 dan 0,537 pada tabel signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan temuan tersebut, ro > rt. Akibatnya hipotesis nol (Ho) ditolak atau tidak disetujui, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima atau disetujui. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa program pembiasaan beribadah peserta didik SMK Pelita 3 Jakarta terkena dampak negatif dari penggunaan media sosial.References
Basri, H., & Syafrizal, S. (2017). Peranmedia Sosial Twitter Dalam Interaksi Sosial Pelajar Sekolah Menengah Pertama Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pelajar SMPN 1 Kota Pekanbaru) (Doctoral Dissertation, Riau University).
Fitriansyah, F. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 111-117.
Islam, M. A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Ibadah Shalat Dzuhur Berjama’ah Pada Murid Di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Khairuni, N. (2016). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kelas Viii Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91-106.
Mujahidah, M. (2013). Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi. Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 145555.
Rabbani, D. A., & Najicha, F. U. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupan Dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 6–13.
Rohani, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI.
Suryaningsih, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annida Jahro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.