PENGARUH BIAYA OPERASIONAL DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP HARGA TIKET PESAWAT

Authors

  • Ilham R.D.K. P Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Kevin Raflyfasya Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Lukman Yudand Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • M.Farhan Muhaemi Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • M.Rizki Onde Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • M. Ghifari Albana Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Feti Fatonah Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48844

Keywords:

Harga Tiket Pesawat, Biaya Operasional, Kebijakan Pemerintah, Regresi Linier, Rute Penerbangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya operasional dan kebijakan pemerintah terhadap harga tiket pesawat. Fokus penelitian diarahkan pada perbandingan dua rute penerbangan, yaitu Jakarta–Siborongborong dan Jakarta–Singapura, yang memiliki waktu tempuh serupa namun harga tiket yang sangat berbeda. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier berganda, di mana variabel independen terdiri dari biaya operasional (X₁) dan kebijakan pemerintah (X₂), serta variabel dependen berupa harga tiket pesawat (Y). Data diperoleh secara sekunder melalui observasi harga tiket dan literatur pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya operasional dan kebijakan tarif pemerintah secara simultan berpengaruh terhadap harga tiket. Rute domestik seperti Jakarta–Siborongborong dikenakan kebijakan tarif batas bawah dan atas, sehingga harga tiket cenderung lebih tinggi dibandingkan rute internasional seperti Jakarta–Singapura yang lebih kompetitif karena tunduk pada mekanisme pasar bebas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa regulasi tarif dan efisiensi operasional merupakan faktor kunci dalam penetapan harga tiket pesawat.

References

Y. Christian, “Kesepakatan Penetapan Harga Dengan Dasar Penetapan Pemerintah Tentang Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat Sebagai Pelanggaran Persaingan Usaha (Studi Putusan Nomor 1811 K/Pdt.Sus-KPPU/2022),” vol. 6, no. 3, 2024, doi: 10.31933/unesrev.v6i3.

D. Biantara, A. Pengaruh, and B. Operasional, “ANALISIS PENGARUH BIAYA OPERASIONAL PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN NASIONAL,” 2017.

B. R. EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR Gd Nusantara I Lt, J. Jend Gatot Subroto, and N. Waras Sayekti Abstrak, “KAJIAN SINGKAT TERHADAP ISU AKTUAL DAN STRATEGIS PERUBAHAN KEBIJAKAN HARGA TIKET PESAWAT KELAS EKONOMI.”

Mm. Ali, T. Hariyati, M. Yudestia Pratiwi, and S. Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian.”

W. ARDHIA Jurnal Perhubungan Udara, M. Eka Yuniza, M. Jibril, and A. Grade Rebecca, “Analisis Kebijakan Pemerintah Terkait Pengaturan Harga Tiket Pesawat di Indonesia (Mailinda Eka Yuniza, Muhammad Jibril, Aicha Grade Rebecca) Analisis Kebijakan Pemerintah Terkait Pengaturan Harga Tiket Pesawat di Indonesia An Analysis On Government Policy Related To Aircraft Ticket Prices In Indonesia”, doi: 10.25104/wa.v.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

P, I. R., Raflyfasya, K., Yudand, L., Muhaemi, M., Onde, M., Albana, M. G., & Fatonah, F. (2025). PENGARUH BIAYA OPERASIONAL DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP HARGA TIKET PESAWAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6852–6858. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48844

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>