VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KAJIAN KONDISI TERUMBU KARANG DAN FAKTOR LINGKUNGAN DI PERAIRAN DESA OLELE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45724Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Validitas, Terumbu KarangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan tingkat validitas lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dengan berbasis kajian kondisi terumbu karang dan faktor lingkungan di perairan Desa Olele. Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya penggunaan LKPD berbasis kearifan lokal, khususnya yang membahas kajian kondisi terumbu karang. Selama ini pembahasan materi terkait kondisi terumbu karang masih sangat terbatas pada sumber maupun perangkat pembelajaran yang digunakan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Gorontalo menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Proses validasi melibatkan dua validator ahli dan satu praktisi pendidikan, menggunakan instrument penilaian dalam bentuk skala likert. Berdasarkan hasil penilaian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan tergolong sangat valid. Validator pertama memberikan skor 92% dan validator kedua memberikan penilaian 94% terhadap LKPD yang dikembangkan. Sementara itu, penialian dari validator praktisi menunjukkan angka 95%. Hasil tersebut mengindikasikan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi sntandar validitas dari aspek isi, kebahasaan, dan konstruksi. Dengan demikian lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Amali, K., & Kurniawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. 2(2), 191–202.
Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66
Febri, A. A., Kasrina, K., & Idrus, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Kajian Ekosistem Mangrove Di Kawasan Taman Wisata Alam Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.1-7
Kasim, G. F., Mursalin, M., Yusuf, F. M., Umar, M. K., Abdjul, T., & Supartin, S. (2024). Development of RPP-LKPD Based on the Ber2P3 Learning Model on Student Concept Mastery on Vibration and Wave Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 4427–4432. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i7.6077
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Penelitian Pemula. Alfabet.
Sabara, A., Yusuf, F. M., & Ahmad, J. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Steam Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 76–85. https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14734
Samsul Rizal, Arief Pratomo, H. I. (2016). Cover Level Of The Coral Reef Ecosystem In Terkulasi Island District Of The Tanjung Pinang City, Riau Achipelago Province. FKIP-UMRAH.
Sudiana, I. N., Putrayasa, I. B., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING. 8(2), 191–201.
Tyas Pradietha, E., & Nazip, K. (2017). Identifikasi Materi Lokal Sebagai Sumber Belajar Sains Biologi SMP Di Kabupaten Muara Enim. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya, 115.
Uspar, U., Permatasari, A., & Alamsyah, R. (2020). Kondisi Terumbu Karang di Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Agrominansia, 5(1), 65–73.
Vina, A., Hamidun, M. S., & Ibrahim, M. (2021). Kondisi terumbu karang di perairan desa olele conditions of coral reefs in olele village waters. 3(2), 74–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risnawati A. Masur, Frida Maryati Yusuf, Mustamin Ibrahim, Ilyas H.H usain, Lilan Dama, Regina Valentine Aydalina, Nurul Fajryani Usman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




