PERAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Wasiyem Wasiyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wiwin Ariani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nuraini Fadilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juni Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nuraini Nuraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47707

Keywords:

Dinamika Kelompok, Efektivitas Belajar, Partisipasi Mahasiswa

Abstract

Dinamika kelompok merupakan interaksi antaranggota dalam suatu kelompok yang mencakup partisipasi, komunikasi, kepemimpinan, dan pembagian peran, yang memengaruhi proses kerja sama. Dalam konteks pendidikan, dinamika kelompok yang positif dapat meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa. Namun, masih ditemukan permasalahan seperti ketidakseimbangan kontribusi, komunikasi yang kurang efektif, serta lemahnya kepemimpinan yang mengurangi efektivitas kerja kelompok mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana dinamika kelompok memengaruhi efektivitas belajar mahasiswa, dengan fokus pada partisipasi aktif, kenyamanan kerja sama, kepemimpinan, dan pembagian tugas yang adil. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, melibatkan 40 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket tertutup berskala Likert dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok secara signifikan meningkatkan pemahaman materi, motivasi belajar, kesiapan akademik, dan keterampilan komunikasi mahasiswa. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam partisipasi merata dan keadilan pembagian tugas antaranggota.

References

Aminah, S., & Yulianto, R. (2023). Struktur Kelompok dan Kinerja Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Interaktif, 6(1), 45–55.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks: SAGE Publications.

Daniel, R., Maad, F., & Wibaningwati, D. B. (2021). Dinamika kelompok tani padi sawah (Oryza sativa L.) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Agrisintech: Journal of Agribusiness and Agrotechnology, 2(1), 9–20.

Faisal, A. (2022). Efektivitas pembelajaran dinamika kelompok berbasis online: Studi kasus pada pelatihan kepemimpinan administrator di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(2), April 2022.

Fitri, A. D. (2015). Critical incidents dalam dinamika kelompok tutorial. JMJ. Jurnal Medis Jambi, 3(2), 152–163.

Hafizah, R., & Ramadhan, B. (2022). Efektivitas Diskusi Kelompok dalam Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(3), 123–134.

Hidayat, R., & Prasetya, D. (2022). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Riset Mandiri.

Mutiara, R. A. (2024). Peran Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Aktif, 12(1), 34–45.

Nurhayati, F., & Prasetyo, A. (2021). Peran Interaksi Sosial dalam Pembelajaran Kelompok Mahasiswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 19(2), 78–86.

Putri, N. L., & Nugroho, M. (2020). Komunikasi Efektif dalam Kelompok Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi Edukasi, 5(4), 101–110.

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Wasiyem, W., Ariani, W., Fadilah, N., Andini, J., Wahyuni, N., & Nuraini, N. (2025). PERAN DINAMIKA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6178–6185. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47707

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)