PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SWASTA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45235Keywords:
Peran ekstrakurikuler, Pembentukan Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka membantu peserta didik di SMA Swasta RK Serdang Murni, Lubuk Pakam mengembangkan karakternya, Untuk mengetahui tantangan siswa SMA Swasta RK Serdang Murni, Lubuk Pakam dalam mengembangkan karakternya sebagai anggota pramuka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi penelitian yaitu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Swasta RK Serdang, Lubuk Pakam T.A 2025/2026. Dengan Teknik sampel yang di gunakanpada penelitian ini secara purposive sampling, dengan memilih siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan Pramuka dan pembina Pramuka di sekolah tersebut. Instrumen ini menggunakan metode pengumpulan data untuk mengumpulkan informasi atau data penelitian adalah observasi, wawancara, dan kuesioner.Berdasarkan hasil penelitian penulis mengenai peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter siswa di SMA Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Peran Pramuka dalam Pembentukan Karakter, Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka secara signifikan membantu peserta didik dalam mengembangkan berbagai karakter positif, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kepemimpinan, kerja sama, dan religiusitas. Melalui berbagai aktivitas seperti latihan baris-berbaris, kegiatan sosial, kerja kelompok, serta pembiasaan doa dan kedisiplinan, siswa mendapatkan pengalaman yang membentuk mental dan sikap mereka dalam kehidupan sehari-hari. kedua, Tantangan dalam Pengembangan Karakter sebagai Anggota Pramuka, Meskipun kegiatan Pramuka memberikan dampak positif, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi siswa dalam mengembangkan karakter mereka, seperti kurangnya motivasi dari dalam diri, kesibukan akademik, kurangnya dukungan dari lingkungan, serta kendala dalam partisipasi aktif akibat faktor eksternal seperti fasilitas dan pendampingan yang terbatas.References
Agus Zaenal Fitri, 2012:40, Menumbuhkan Karakter Jujur; Dini. Jenjang: 51.
Aqib."Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Tingkat Tanggung Jawab Siswa Kelas V SD Inpers Borong Jambu" Selecta Education Jurnal 5.1 (2022): 36-41.
Arikunto."Minat Mahasiswi Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal." Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 18.1 (2020): 1-6
Arikunto. Buku ajar metodologi penelitian. Feniks Muda Sejahtera, 2022.
Damanik, Hawati.Implementasi Pendidikan Karakter Di Kelas V SDN 163092 UNIMED, 2020.
Dharma Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dra.Hj.Aisyah M.Ali. Pendidikan Karakter: konsep dan implementasinya. Prenada Media, 2018.
Dwi Elmi Setyorini. (2020). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Siswa. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 55-68.
Hamid Darmadi, 2018:3.Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 55-68.
Joko Mursitho. (2023). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Darunnajah-Jakarta). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1136-1144.
Kamus Besar Bahasa Indonesia."Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Wawasan Keislaman dan Sikap Keberagamaan Peserta Didik Di SMK Informatika Pesat Kota Bogor Tahun Ajaran 2019-2020." Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1.2 (2019): 63-74.
Kemendiknas (2020:9). "Menanamkan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah." Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1.2 (2018): 169-175.
Lickona (2020). "Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11.01 (2022).
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KKBI). Nasional, Departemen Pendidikan. "Kamus besar bahasa Indonesia." (2008).
Oemar, Hamalik. "Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah." AN NUR: Jurnal Studi Islam 13.2 (2021): 153-167.
Pardede, Lukman, et al. "Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra terhadap Pembentukan Karakter Siswa di UPT SMP Negeri 37 Medan." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.9 (2022): 3371-3377.
Putro. (2022). Penguatan nilai nasionalisme dalam sejarah perjuangan alri divisi iv kalimantan selatan sebagai sumber belajar ips. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 8(1), 37-46.
Soekanto. "Peran Guru Penjaskes Dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri Se-Kota Jambi." Cerdas Sifa Pendidikan 11.1 (2022): 07-16.
Sugiyono. “Analisis data kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17.33 (2018): 81-95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fa’asokhi Lawolo, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Lukman Pardede, Monalisa Marta Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




