PERAN GURU PPKN SEBAGAI FASILITATOR DALAM PENCEGAHAN BULLYING SISWA KELAS VII DI UPT. SMPN 14 MEDAN

Authors

  • Sarma Uli Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Juliper Nainggolan Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27669

Keywords:

Bullying Di Sekolah, Peran Guru Sebagai Fasilitator, Peran Guru Sebagai Motivator Pencegahan Aksi Bullying.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk pencegahan yang dilaksanakan sekolah untuk mencegah aksi bullying di UPT, SMP Negeri 14 Medan (2) mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator untuk pencegahan aksi bullying di SMP Negeri 14 Medan (3) mendeskripsikan peran guru sebagai motivator untuk pencegahan aksi bullying di SMP Negeri 14 Medan. Seperti yang kita ketahui bersama, bullying di UPT. SMP Negeri 14 cukup memprihatinkan. Bullying membuat kondisi keamanan dilingkungan Pendidikan sangat terganggu. Aksi yang jauh dari norma-norma kehidupan tersebut tidak layak ada dalam tengah-tengah masyarakat, terlebih dalam lingkungan lembaga pendidikan.Dampak yang disebabkan dari bullying ini tidakmain-main. Dimana perilaku ini dapat merubah aspek kehidupan, baik korban maupun pelaku aksi bullying. Sehingga perlunya perhatian khusus dari pendidik dan pemangku kebijakan lainnya.

References

Abdul Hamid, Guru Profesional,(Jurnal Al Falah vol XVII No 32, tahun 2011)

Adhi Kusumastuti, dkk, Metode Penelitian Kualitatif (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, tahun 2019)

Agus Samsudi, Efek Bullying terhadap Proses Belajar Siswa,(Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, vol 2 no 2, tahun 2020).

Andri Priyatna,Lets and Bullying:Memahami, Mencegah, Mengatasi bullying, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo,ISBN 978-979-27-6984-5, tahun 203)

Anggito, Albi dan Johan Seiawan, S.Pd., (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, tahun 2012)

Arwildiyanto,dkk.,Analisis Kebijakan Pendidikan,(Bandung:CV Cendekia Press 2012)

Fianolita Purnaningtias, dkk. Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar,( Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No.1, Januari tahun2020)

Hadion Wijoyo,dkk, Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru ,(Prosiding Seminar Nasional dan Penelitian Nusantara,vol 1, ISBN 978-623-94619-5-9, tahun 2020).

Henni Sukmawati, Tripusat Pendidikan,(Jurnal Pilar vol 2 No 2, tahun 206)

Imam Gunawan, metode penelitian kualitatif teori dan praktek,(Jakarta:PT.Bumi Aksara, tahun 206).

Imam Nur Rachmawati, Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara, “Jurnal Keperawatan Indonesia” , Vol 4, No. 1, tahun 2007)

Jasmani dan Syaiful Mustofa, Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru (Yogyakarta; Ar-Ruzz Media, tahun 206).

Lexy J.Moleong, Metode Penelitian Kualitatif,(Bandung:PT.Remaja Rosdakarya, tahun 2019)

M.A.Dr. Nursapia Harahap, Penelitian Kualitatif (Sumatera Utara: Wal ashri Publishing, tahun 2020)

Matraisa Bara Asie Tumon, Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja,(Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol 3 no 1,t 2010).

Mohammad Saroni, Pesonal Branding Guru (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, tahun 204)

Muhammad Amri,dkk., Pelaksanaan Pendidikan Islam: Proses Menanamkan Akhlakul karimah untuk madrasah tsanawiyah siswa,(Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 4 (1): 47-55, tahun 2019)

Muhammad Zenuri Ikhsan dkk, Sosialisasi Pendidikan Stop Aksi Bullying (Jurnal program mahasiswa kreatif, vol 4 no 1, tahun 2020).

Tumon, Matraisa Bara Asie, Studi Deskriptif Perilaku Bullying Pada Remaja, (Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 3 no. 1, tahun 2010)

Prof.Dr.Conny R.Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Grasindo, tahun 203)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabeta, tahun 2019).

Saferius dkk, Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di SMA Negeri1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021 (Jurnal bimbingan dan konseling: vol 2no 1 Edisi Maret 2022).

[email protected],[email protected],[email protected],[email protected]

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Lumban Gaol, S. U. ., Simanjuntak, H. ., Pardede, L. ., & Nainggolan, J. (2024). PERAN GURU PPKN SEBAGAI FASILITATOR DALAM PENCEGAHAN BULLYING SISWA KELAS VII DI UPT. SMPN 14 MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7130–7141. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27669

Most read articles by the same author(s)