PENGARUH APLIKASI WORDWALL ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27898Keywords:
Wordwall, Motivasi, Kecerdasan Buatan, Siswa, GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Guru PKn terlibat dalam pembentukan peningkatan motivasi siswa. Guru mengajarkan siswa untuk mencapai hal ini, tentu saja Guru dan siswa membutuhkan keterampilan yang lebih kuat untuk memanfaatkan aplikasi berbasis kecerdasan buatan secara optimal. Karena perubahan sosial semakin sering terjadi, Guru dan siswa harus mampu beradaptasi dengan situasi dan tugas baru. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aplikasi Wordwall berbasis Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) atau yang sering disebut dengan AI. SMA Negeri 2 Tanjung Morawa telah memberikan dan mendukung motivasi belajar siswa untuk mencapai pembelajaran yang maksimal untuk itu peneliti akan melihat pengaruh penerapan dan kelebihan aplikasi ini untuk mengukur motivasi belajar siswa kelas X disekolah.References
Abraham,Maslow. 1943-1970. Teori Motivasi. Jakarta. Rineka Cipta.
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Ai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.
Aidah, Nur & Nurafni. Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di SDN Ciracas 05 Pagi. 2022. Pionir:Jurnal Pendidikan 11 no.2:161-165.
Akbar, H.F., & Hadi, M, S. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1653-1660.
Azwar, Meutiah. 2011. Teori motivasi dan pengukuranya. Yogyakarta. Bumi Aksara.
Pebrian, Yuda & Farhat Fathi, Muhamad. 2023. Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. Abdi Jurnal Publikasi 2 no.1:85-88.
Kamila, J. T., Nurnazhiifa, K., Sati, L., & Setiawati, R. (2022). Pengembangan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Kebijakan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10013-10018.
Kom, S. (2021). Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. Penerbit Lakeisha.
Khasanah, Uswatun., Artharina Prima, Filia., & Sulianto, Joko. 2023. Implementasi Game Wordwall Dalam Pembelajaran PKN Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah 7, 651-658.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Syafril. Statistika Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elisa Magdalena Br Gultom, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Juliper Nainggolan , Lukman Pardede, Monalisa Marta Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.