IMPLEMENTASI MODEL AJAR THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN PKKN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA KAB.HUMBANG HASUNDUTAN

Authors

  • Kondios Mei Darlin Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Monalisa Martha Siahaan Universitas HKBP Nommensen
  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Sartika Evitauli Sianturi Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27528

Keywords:

Implementasi, Think Pair Share, Semangat belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana semangat belajar siswa kelas VII SMP  Negeri 3 Lintongnihuta sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share, serta bagaimana cara mengimplementasikannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang melibatkan pengujian hubungan antar variabel yang diukur dengan instrumen penelitian sehingga data numerik dapat dianalisis berdasarkan prosedur-prosedur statistik. Berdasarkan data hasil penelitian dan Analisa data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan semangat belajar siswa pada pembelajaran PPKn dan dapat dibuktikan dengan hasil dari deskriptif data pre-test (sebelum) dan prost-test (sesudah) diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 79,84 dan 91,45. Hasil dari uji normalitas Nilai sig pada pre-test adalah 0, 223 > nilai sig 0.005 (5%) artinya Ho diterima dan Nilai sig pada post-test adalah 0, 005 > nilai sig 0,05 (5%) artinya Ho diterima, maka dapat disimpulkan data Pre-test dan Post-test berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji hipotesis komparatif output paired sample test diatas, diperoleh nilai sig 0,000 > nilai sig 0,05 (5%), yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa terdapat peningkatan semangat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share.  

References

Abdurrashid, Mr (2019) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bondowoso. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Accessed 13 Dec. 2020.

Kallang, Abdul. “HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN HUKUM DALAM MENSEJAHTERAKAN MANUSIA.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, vol. 16, no. 2, 14 Apr. 2019, p. 402, https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.100. Accessed 18 Dec. 2020.

Kurniawati, Fitria Nur Auliah. “MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI.” Academy of Education Journal, vol. 13, no. 1, 1 Jan. 2022, pp. 1–13, https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765. Accessed 18 Dec. 2020.

Hidayat, Rahmat, and Abdillah. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Edited by Candra Wijaya and Amiruddin. Repository.uinsu.ac.id, Medan, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2019, repository.uinsu.ac.id/8064/. Accessed 14 Dec. 2020.

Ahyar, Dasep Bayu, et al. Model-Model Pembelajaran. Google Books, Pradina Pustaka, 25 Sept. 2021, books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OshEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengertian+modelmodel+pembelajaran&ots=0MhIgPsftM&sig=XUv8ehxDIOo9xP9BXlhUtd1KFI&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian%20model-model%20pembelajaran&f=false. Accessed 25 Mar. 2024.

Mirdad, Jamal. “MODEL-MODEL PEMBELAJARAN (EMPAT RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN)”: Jurnal Sakinah, vol. 2, no. 1, 13 Apr. 2020, pp. 14–23, www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index.php/JS/article/view/17/5, https://doi.org/10.2564/js.v2i1.17.Accessed 25 Mar. 2024.

Muchlisin, Riadi. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). 14 Jan. 2022, www.kajianpustaka.com/2022/01/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-tps.html. Accessed 28 Mar. 2024.

Haryati, Sry. “Buku- BELAJAR- PEMBELAJARAN- BERBASIS COOPERATIVE -LEARNING-SRI-HARYATI (1) - Unduh Buku | 1-50 Halaman | AnyFlip.” Anyflip.com, anyflip.com/qcwhx/hqdq/basic. Accessed 28 Mar. 2024.

Putra. “Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan: Tela’ah Mendalam Dan Lengkap.” Artikel Pendidikan, 14 July 2023, artikelpendidikan.id/pengertian-pendidikan-kewarganegaraan/#:~:text=Menurut%20Nu%E2%80%99man%20Soemantri%20%282001%3A%2054%29%20pendidikan%20kewarganegaraan%20adalah. Accessed 19 Dec. 2023.

Srikanto, Fauzi Imron “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Civic Education)Digilib.iain-Jember.ac.id/468/1/BUKU Pendidikan...Warga Negara Yang Memahami Dan Mampu Melaksanakan Hak-Hak Dan Kewajibannya Untuk Menjadi - [PDF Document].” Vdocuments.site, vdocuments.site/pendidikan-kewarganegaraan-civic-education-pendidikan-warga-negara-yang-memahami.html?page=1. Accessed 19 Dec. 2023.

Zulfikar, Muhamad Fikri, and Dinie Anggraeni Dewi. “PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA.” JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, 30 Apr. 2021, pp. 104–115, https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171. Accessed 20 Dec. 2020.

Awaliah, Fadilah Putri, and Dinie Anggraeni Dewi. “Pembelajaran Pendidikan Kewargangeraan Sebagai Upaya Meningkatkan Moralitas Anak.” Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, 20 May 2021, pp. 22–29, www.ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/93/31, https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.93. Accessed 19 Dec. 2023.

Husamah, et al. Belajar Dan Pembelajaran. Google Books, UMMPress, 11 Jan. 2016, www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/F5xjDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=belajar+hamalik+2007&pg=PA4&printsec=frontcover. Accessed 19 Dec. 2023.

P, Gilang. “Pengertian Belajar: Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Dan Tujuan.” Gramedia Literasi, 3 Nov. 2022, www.gramedia.com/literasi/belajar/. Accessed 28 Mar.2024.

Geograf. “Pengertian Semangat Belajar: Definisi Dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli.” Geograf, 8 Oct. 2023, geograf.id/jelaskan/pengertian-semangat-belajar/. Accessed 13 Jan. 2024.

Salmaa. “Hipotesis Penelitian: Pengertian, Jenis, Contoh Lengkap.” Penerbit Deepublish, 10 Mar. 2023, penerbitdeepublish.com/hipotesis-penelitian/. Accessed 28 Mar.2024.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Accessed 16 Dec. 2020.

Syafnidawaty. “APA ITU POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN.” UNIVERSITAS RAHARJA, 4 Nov. 2020, raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian. Accessed 18 Dec. 2020.

Anis, Harisah. “Think Pair Share Dan Langkah-Langkahnya.” Tripven, 14 Dec. 2020, www.tripven.com/think-pair-share/. Accessed 28 Mar. 2024.

Thabroni, Gamal. “Populasi Dan Sampel Penelitian, Teknik Sampling & Langkah.” Serupa.id, 16 Feb. 2021, serupa.id/populasi-dan-sampel-penelitian-serta-teknik-sampling. Accessed 14 Dec. 2020.

ULFA, Rafika. Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 2021, 1.1: 342-351. Accessed 28 Mar. 2024.

Kurniawan Heru. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Google Books, Deepublish, 1 Dec. 2021, www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Praktis_Penyusunan_Instrumen_P/fLBYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=instrumen+penelitian+arikunto+2019&pg=PA2&printsec=frontcover. Accessed 19 Dec. 2023.

Ulfah, Opan Arifudin. “ANALISIS TEORI TAKSONOMI BLOOM PADA PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, vol. 4, no. 1, 19 Jan. 2023, pp. 13–22, ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/87/50. Accessed 3 Dec. 2023.

Priyastuti, Dwi. Jurnal Pendidikan Empiris: EDISI 30/ VOLUME 6/ DESEMBER 2019. Google Books, Sang Surya Media, 2020, www.google.co.id/books/edition/Jurnal_Pendidikan_Empiris/WrnUDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknik+pengumpulan+data+arikunto&pg=PA12&printsec=frontcover. Accessed 19 Dec. 2023.

Anggara Surya Damels. (2017). Model Statistika Pendidikan Prodi Studi Pendidikan Ekonomi.Tangerang Selatan:UNPAM Press. Accessed 16 Dec. 2020.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Pasaribu, K. M. D. ., Siahaan, M. M., Pardede, L. ., Simanjuntak, H. ., & Sianturi, S. E. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL AJAR THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN PKKN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA KAB.HUMBANG HASUNDUTAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7106–7112. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27528

Most read articles by the same author(s)