PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 14 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.27527Keywords:
Penerapan, Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Medan. Karena penelitian ini berbentuk PTK dengan metode deskriptif kuantitatif, maka penulis hanya melakukan siklus I dan II serta menggambarkan. Rancangan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test berdasarkan rumusan masalah yaitu apakah penerapan model STAD dapat meningkatkan hasil belajr siswa dan bagaimana penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari ke-II siklus yang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindadakan, pengamtan, dan refleksi data hasil belajar siswa yang di peroleh pada siklus I hasil rata-rata pre-test 54,6 dengan tingkat ketuntasan 26,6% (8 siswa tuntas) dan hasil post-tes pada siklus II memperoleh rata-rata 79,6 dengan tingkat ketuntasan 86,6% (24 siswa tuntas), dengan demikian tingkat ketuntasan dari siklus I yang di berikan pre-test ke siklus II di berikan post-test mengalami peningkatan sebesar 60% dan nilai N-gain (ukuran peningkatan) memperoleh 0,55 yang masuk dalam interprestasi sedang artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memenuhi indikator keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 14 Medan dengan materi keberagaman bangsa indonesia dalam bingkai bhineka tunggal ika.References
Asrid, Thessa, and Agus Baskara. “Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Pekanbaru.” Repository.uir.ac.id, 2020, repository.uir.ac.id/10567/. Accessed 30 Dec. 2023.
Bunbaban, Yoseb S. “Evaluasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dengan Menggunakan Model CIPP.” Repository.uksw.edu, 2022, repository.uksw.edu/handle/123456789/27742. Accessed 30 Dec. 2023.
Darmi darmi. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Indonesia Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Film Dokumenter di SMA Negeri 5 Tebo Tahun Pelajaran 2017/2018.” Paedagogy, vol. 2, no. 1, 30 Mar. 2022, pp. 86–93, https://doi.org/10.51878/paedagogy.v2i1.1048. Accessed 6 Sept. 2023.
Fitriani, Oleh, et al. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran PKN di SMA Negeri 1 Watansoppeng. 11 Nov. 2019.
komalasari, yesi. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 2 Karyamukti . 11 Oct. 2016. Accessed 27 Dec. 2023.
Kuswadi. “Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.” Bukutembaga.blogspot.com, 18 Apr. 2016, bukutembaga. blogspot.com/2016/04/ kelebihan-dan-kekurangan-pembelajaran.html. Accessed 16 Dec. 2023.
Magdalena, ina, et al. “pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar negri bojong 3 pinang.” Jurnal Pendidikan Dan Sains, vol. 2, no. 3, 2020, pp. 418–430, ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689/#:~:text= Menurut%20Depdiknas%20(2006%3A49). Accessed 21 Dec. 2023.
Pangestuti, Utari. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas vii di SMP Negeri 10 Semarang skripsi. 2017.
psikologimania. “Kategori Hasil Belajar Menurut Bloom.” E-JURNAL, 23 Nov. 2018, www.e-jurnal.com/2013/12/kategori-hasil-belajar-menurut-bloom.html. Accessed 20 Dec. 2023.
Purba, Millenika Putri, et al. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Materi Lingkaran (Eksperimentasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano).” EDUCATIONAL JOURNAL : General and Specific Research, vol. 2, no. 2, 28 July 2022, pp. 221–229, adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/116/112. Accessed 30 Dec. 2023.
Purbowati, deni. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” Aku Pintar, 2 Oct. 2019, akupintar.id/info-pintar/-/blogs/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa. Accessed 15 Dec. 2023.
Rohmah,Annisa Nidaur “Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Dasar” CENDEKIA, vol. 9,no.02,oct 2017, pp 193-210, www. Journal .stitaf .ac.id/index .php/cendekia /article/view https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.106. Accessed 10 June 2023.
Rifka, ayu. “Purposive Sampling Adalah Teknik Pengambilan Sampel, Ketahui Definisi Dan Tujuannya.” Liputan6.com, 12 May 2023, www.liputan6.Com/ hot/read/5284704/purposive-sampling-adalah-teknik-pengambilan-sampel-ketahui-definisi-dan-tujuannya?page=2. Accessed 20 Dec. 2023.
Rungkat, Jovialine A., and Milan K. Rogahang. “Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 1 Talawaan.” SCIENING : Sciencxe Learning Journal, vol. 4, no. 1, 30 June 2023, pp. 87–93, ejurnal. unima.ac.id /index. php/ sciening/ article/ view/ 6729/3462, https://doi.org/10.53682/slj.v4i1.6729. Accessed 15 Dec. 2023.
Rusman. “Model-Model Pembelajaran.” Onesearch.id, 11 2016, onesearch.id /Author/ Home?author=Dr.+Rusman%2C+M.Pd. Accessed 28 Dec. 2023.
Sihombing, Irma Lumongga, et al. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, 1 Oct. 2021, pp. 3974–3979, www.neliti.com/publications/448569/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model-student-teams-achievem, https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1010. Accessed 15 Dec. 2023.
Slavin. “Model Pembelajaran STAD - Zenius Untuk Guru.” Https://Www. zenius.net/Blog/ Model-Pembelajaran-Stad, 24 June 2022, www.zenius.net/blog/model-pembelajaran-stad. Accessed 30 Dec. 2023.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: pt Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Strategi Penelitian. 11 Oct. 2018.
Wulandari, Innayah. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, 31 Jan. 2022, pp. 17–23, https://doi.org/ 10.36232/ jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.
Yuliastrin, Adisti, et al. “Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis : Tutor Identifikasi Berpikir Kritis Development of Critical Thinking Instruments: Critical Thinking Identification Tutor.” Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis : Tutor Identifikasi Berpikir Kritis , vol. XII, no. 1, 5 Mar. 2023, pp. 16–27, ojs.unm.ac.id/sainsmat/ article/download/42463/20869.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lukman Pardede, Monalisa Martha Siahaan, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Risna Veronika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.