PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44195Keywords:
Profesionalisme Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Ibtidaiyah, Pemahaman SiswaAbstract
Profesionalisme guru memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah. Guru yang profesional tidak hanya memiliki kompetensi dalam penguasaan materi, tetapi juga mampu menyampaikan pembelajaran dengan metode yang inovatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana profesionalisme guru dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap SKI melalui berbagai strategi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur kualitatif, dengan menganalisis berbagai sumber akademik yang relevan dari tahun 2015 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru berkontribusi signifikan terhadap pemahaman siswa, terutama melalui penerapan metode bercerita, diskusi interaktif, serta pemanfaatan media pembelajaran digital. Guru yang mampu mengaitkan materi SKI dengan pengalaman nyata siswa dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran terbukti lebih efektif dalam meningkatkan minat serta pemahaman siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan, penggunaan metode inovatif, dan integrasi teknologi sangat diperlukan untuk menciptakan pembelajaran SKI yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa di Madrasah Ibtidaiyah.References
Ananda, R., Nurpadila, N., Putri, D. K., & Putri, Z. J. (2023). Analisis Keterampilan Profesional Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6638–6646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2802
Atika Alwinda, & Satria Wiguna. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTS Al-Hidayah Gebang. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 155–166. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.450
Farhurohman, O., & Saádiyah, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ibtidai: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 37–50. http://103.20.188.221/index.php/ibtidai/article/download/3363/2683
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
M, Z., & Elwiddah, M. (2017). Kompetensi Profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa MTsN Tebo Ilir. Innovatio: Journal for Religious Innovation Studies, 17(2), 75–108. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i2.59
Nurjannah, and N. O. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pebelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Keislaman, 11(1), 1–20.
Rizal Ansori, M., & Alfin, A. R. (2024). Strategi Maksimalisasi Metode Pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al-Fath, 01(1).
Rohman, M., Lessy, Z., & Faizah, N. (2023). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum KMA 183 Tahun 2019 Madrasah Ibtidaiyah. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 191. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.14016
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2022). Metode Dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Moderation : Journal of Islamic Studies Review, 02(01), 73–84. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munawir Munawir, Nurul Maulidatus Sa'diyah, Rossida Nur Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




