PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA PADA PELAJARAN PPKn SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45234Keywords:
Ice Breaking, Semangat Belajar,Hak Asasi Manusia,PpknAbstract
Gaya pengajaran guru di kelas adalah salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap semangat belajar siswa. Oleh karena itu, pemilihan kegiatan ice breaking dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana penerapan ice breaking meningkatkan semangat belajar siswa dan dampak penerapan ice breaking pada kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 medan,Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SMP Swasta Parulian 2 medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan ice breaking dalam pembelajaran PPKn di SMP Swasta Parulian 2 Medan sangat berdampak pada partisipasi dan semangat belajar siswa.References
Agustin, S., Sudirman, R., & Nehe, B. M. (2024). Penggunaan Ice breaking Terhadap Semangat Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Aweh. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi (JPDS), 8(1), 34-39.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ashari muhammad. 2018. Hak Asasi Manusia, Filodofi, Teori,& Instrumen Dasar, Makassar
Darmadi, H. (2020). Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). An1mage.
Fitri, F. A., Azwar, I., & Rianto, H. (2024). Implementasi Metode Ice Breaking Pada Proses Pembelajaran PKN Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 244-253.
Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(1), 99-106.
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330.
Lolang, E. (2014). Hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 685-695.
Margita, T. W. (2023). Analisisi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn Kelas II SD Negeri 1 Tajimalele Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Nisa , O. K. Implementasi Ice breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Cinanas 03 Bantarkawung Kabupaten Brebes.
Tohir, Muhamad. (2020). Inti Sari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, KECANA, Jakarta.
Fauzita, F., Taqiyuddin, M., & Komalasari, B. (2025). Penerapan Ice Breaking Dalam nAktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Lebong (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP).
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73-85.
Pasaribu, K. M. D., Siahaan, M. M., Pardede, L., Simanjuntak, H., & Sianturi, S. E. (2024). Implementasi Model Ajar Think Pair Share (TPS) Pada Pembelajaran Ppkn Dalam Meningkatkan semangat Belajar Siswa kelas VII Smp Negeri 3 Lintongnihuta Kab. humbanghansudutan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7106-7112.I. Mahmudah, “Implementasi Ice Breaker Untuk Menciptakan,” J. Penelit., pp. 1–18, 2019.
A. Gunawan, W, “Born to be a genius,” p. 25, 2022.
B. Di, K. Sdn, and M. Ciujung, “Analisis Problematika Pembelajaran Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Kurikulum Merdeka,” vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2024.
F. A. Fitri, I. Azwar, and H. Rianto, “IMPLEMENTASI METODE ICE BREAKING PADA PROSES PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK,” vol. 8, pp. 244–253, 2024.
S. S. Dasar and M. M. Haria nja, “Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar May Muna Harianja 1 , Sapri 2,” vol. 6, no. 1, pp. 1324–1330, 2022.
Anggi Prasetia, “Journal of Educational Learning and Innovation,” Educ. Learn. Innov., vol. 1, no. 2, pp. 98–116, 2023, doi: 10.46229/elia.v2i1.
I. WIDIANTI and O. SURYAMAN, “Pengaruh Penggunaan Ice Breaking,” J. Lensa Pendas, vol. 5, no. 1, pp. 27–34, 2020.
F. D. Haryati and D. Puspitaningrum, “Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,” J. Al-Ilmi J. Ris. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 99–106, 2023, doi: 10.47435/al-ilmi.v4i1.2133.
En. Lolang, “) yaitu hipotesis yang akan diuji. Biasanya, hipotesis ini merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa suatu parameter populasi memiliki nilai tertentu.,” J. Kip, vol. 3, no. 3, pp. 685–696, 2014.
N. A. Miftah, D. Sukma, E. Atmaja, and A. Oktafiani, “Optimasi Multi-Objektif Proses Pemesinan Milling dengan Metode Taguchi Kolaborasi Grey Relational Analysis,” J. Sist. Cerdas, vol. 05, no. 02, pp. 117–127, 2022.
Siahaan, M. M., Pasaribu, K. M. D., Simanjuntak, H., Pardede, L., & Sitepu, P. P. B. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKN KELAS VLL SMP NEGERI 1 TIGANDERKET KAB. KARO. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6371-6378.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juleha Br Tarigan, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Lukman Pardede, Monalisa Marta Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




