ANALISIS PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP SEMANGAT SISWA BELAJAR MERDEKA DI SDN 158 BABAKAN KOTA BANDUNG

Authors

  • Salma Nurhaliza Darmansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najmira Nurul Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salsa Nurfazira Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ali Azhar Herdiansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafidziani Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hafidziani Eka Putri5 Tiara Yogiarni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jennyta Caturiasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47427

Keywords:

Persepsi Siswa, Semangat Belajar, IPS, Kurikulum Merdeka, Regresi Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap semangat belajar Merdeka di kelas V SDN 158 Babakan Sari 3 Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini dilandaskan berdasarkan rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran IPS yang dianggap kurang menarik dan relevan sehingga berdampak pada rendahnya semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional dan metode survei cross-sectional. Sampel yang digunakan terdiri dari 32 siswa yang diambil melalui teknik kluster sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket berskala Likert dan dianalisis dengan uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan semangat belajar mereka, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,399 menunjukkan bahwa 39,9% variasi semangat belajar dapat dijelaskan oleh persepsi siswa terhadap IPS. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan pentingnya membangun persepsi positif terhadap mata pelajaran IPS sebagai strategi untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam konteks Kurikulum Merdeka.

References

Adha, A. R. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru BK di SMP Negeri 4 Banda Aceh [Thesis, UIN Ar-Raniry].

Aisyah, S. N., & Kurniawati, Y. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Modul Ajar Matematika Pada Kurikulum Merdeka. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 42-48.

Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382

Apriani, S. S., & Komariah, S. (2022). Holiday effect di Bursa Efek Indonesia, di Bursa Efek Amerika dan di Bursa Efek Jepang sebelum, sesaat dan sesudah pandemi covid-19. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2339-2352.

Aprilia, H. M., Aka, K. A., & Permana, E. P. (2021, December). Media komik berbasis kearifan lokal Kelud untuk materi IPS siswa Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran). 4(1). 304-309.

Apriyanti, C., Nuraeni, F., & Caturiasari, J. (2022). Pengaruh model role playing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 26-33.

Kanda, A. S., & Rustini, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran di MA Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 566-579.

Malek-Ahmadi, M., Ginsberg, S. D., Alldred, M. J., Counts, S. E., Ikonomovic, M. D., Abrahamson, E. E., ... & Mufson, E. J. (2024). Application of robust regression in translational neuroscience studies with non-Gaussian outcome data. Frontiers in Aging Neuroscience, 15, 1299451.

Nitka, G. (2022). Theoretical principles of forming learning motivation in students. European International Journal of Multidisciplinary Research and Management Studies, 02(10), 175–179.

Permatasari, D. H., Kusdaryani, W., & Setiawan, A. (2024). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Perundungan Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bangsri. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 4(1), 64-78.

Safriana, L. H., & Sasanti, E. E. (2024). Dividend Persistence and Firm Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 10(2), 152-163.

Salsa, L., Tarigan, E. R. P., Sumarni, R., & Rustini, T. (2024). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Perwujudan Sikap Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), Article 3.

Sofya, A., Novita, N. C., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Metode Survey: Explanatory Survey dan Cross Sectional dalam Penelitian Kuantitatif. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(3), 1696-1708.

Taufik, A., & Apendi, T. (2021). Analisis Dampak Negatif Pergaulan Anak Remaja di Era Globalisasi Dengan Kemajuan Teknologi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.9418

Uyun, M. (2022). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Persepsi Siswa Terhadap Cara Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), Article 01. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2335

Widhiyanti Metra Putri, S. P. . D. A., Siregar, P. D., Andini, A., Novia, N. Y., Hasibuan, S. M., & Yusnaldi, E. (2024). Membangun Kesadaran Sosial Melalui Pembelajaran IPS yang Interaktif. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1325–1334.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Darmansyah, S. N., Azizah, N. N., Nurfazira, S., Herdiansyah, A. A., Putri, H. E., Yogiarni, H. E. P. T., & Caturiasari, J. (2025). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP SEMANGAT SISWA BELAJAR MERDEKA DI SDN 158 BABAKAN KOTA BANDUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6164–6170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47427

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.