ANALISIS PENGGUNAAN CHATBOT BERBASIS AI SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44966Keywords:
Chatbot AI, Pembelajaran Daring, Asisten VirtualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI), seperti ChatGPT, sebagai asisten virtual dalam pembelajaran daring. Teknologi AI semakin berkembang dan memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam konteks pembelajaran jarak jauh. Chatbot AI berfungsi sebagai alat bantu untuk memberikan respons cepat, penjelasan interaktif, serta dukungan terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Melalui studi literatur yang komprehensif, penelitian ini menggali berbagai penelitian terkait penggunaan chatbot AI dalam pendidikan, baik pada tingkat siswa maupun mahasiswa. Beberapa temuan menunjukkan bahwa chatbot dapat meningkatkan motivasi belajar, mempercepat proses pemahaman materi, dan membantu siswa untuk mengakses informasi kapan saja dan di mana saja. Selain itu, chatbot AI juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran daring. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang manfaat dan tantangan penggunaan chatbot AI dalam pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk pengintegrasiannya di masa depan.References
Amrullah, A., Anas, A., & Primajati, G. (2022). Implementasi chatbot sebagai virtual assistant penerimaan mahasiswa baru pada Universitas Bumigora. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 4(1), 17–26.
Andis, A., Pasnur, P., Sumardin, A., Arafah, M., Maslihatin, T., Ilham, I., Parewe, A. M. A. K., Sabir, F. M., & Nurzaenab, N. (2024). Penerapan kecerdasan buatan pada chatbot WhatsApp sebagai asisten belajar virtual. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 1002–1009.
Cao, C. C., Ding, Z., Lin, J., & Hopfgartner, F. (2023). AI chatbots as multi-role pedagogical agents: Transforming engagement in CS education. arXiv preprint arXiv:2308.03992.
Essel, H. B., Vlachopoulos, D., Tachie-Menson, A., Johnson, E. E., & Baah, P. K. (2022). The impact of a virtual teaching assistant (chatbot) on students' learning in Ghanaian higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 57.
Essel, H. B., Vlachopoulos, D., Tachie-Menson, A., Johnson, E. E., & Baah, P. K. (2022). Designing a chatbot for contemporary education: A systematic literature review. Information, 14(9), 503.
Essel, H. B., Vlachopoulos, D., Tachie-Menson, A., Johnson, E. E., & Baah, P. K. (2022). The impact of a virtual teaching assistant (chatbot) on students' learning in Ghanaian higher education. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 57.
Farman, I. (2023). Analisis penggunaan ChatGPT sebagai asisten virtual untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan teknologi informasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 25–30.
Fryer, L. K., Nakao, K., & Thompson, A. (2019). Chatbot learning partners: Connecting learning experiences, interest and competence. Computers in Human Behavior, 93, 279–289.
Hadid, S., Ramadhani, U., Dian, S., & Gusmaulia Eka Putri, A. (2024). Analisis dampak penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran di kalangan mahasiswa PGSD Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(3), 100–110.
Hasdiansa, I. W., Dewantara, H., Ramadhan, A., Kautsar, A. A., & Bahmar, A. M. (2024). Analisis pengetahuan mahasiswa tentang penggunaan chatbot berbasis AI pada proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terapan, 2(2), 133–142.
Hastiadi, F., Setiawan, I., & Medriati, R. (2024). Analisis pelaksanaan pembelajaran media interaktif AI chatbot berbasis ChatGPT sebagai alat bantu belajar siswa SMA pada pemahaman konsep materi fisika. UNIB Scholar Repository.
Juanta, P., Fa, F., Alexa, H., Andrian, D., & Sesillya Nababan, V. (2024). Analisis pengaruh penggunaan chatbot sebagai asisten pembelajaran AI terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan (INTERN), 3(1), 38–44.
Rahmad, I. N., Tukiyo, T., Rista, L., Muhajarah, K., Karyati, Z., & Yuliyani, R. (2025). Analisis peran penggunaan AI chatbot dalam proses pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 1726–1732.
Ridwan, W., Purnamasari, F., Hamsar, I., & Handayani, A. A. (2024). Efektivitas ChatGPT sebagai asisten virtual dalam proses pembelajaran mahasiswa jurusan PKK FT UNM. TEKNOS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 1–8.
Saifullah, S., Yawan, H., Syafitri, N., & Nurhaliza, S. (2022). Integrating AI chatbot into learning management system: Enhancing student engagement and learning outcomes. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1605.
Sajja, R., Sermet, Y., Cikmaz, M., Cwiertny, D., & Demir, I. (2023). Artificial intelligence-enabled intelligent assistant for personalized and adaptive learning in higher education. arXiv preprint arXiv:2309.10892.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Subandowo, M., & Srinarwati, D. R. (2022). Flashcard-Based Augmented Reality To Increase Students’ Scientific Literacy. KnE Social Sciences, 192–201.
Singh, R., & Sharma, S. (2023). Using chatbots to support student goal setting and social presence in fully online activities: Learner engagement and perceptions. Education and Information Technologies, 28(4), 3721–3742.
Srinarwati, D. R. (2022). Proses simulasi-simulakra-hiperealitas dalam majelis taklim jn Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 503–515.
Srinarwati, D. R., Sumarno, T., Slamet, J., Widodo, J. P., & Basthomi, Y. (2023). Unleashing the Synergy of Blended Learning in Higher Education during the COVID-19 Pandemic. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(10s), 912–922.
Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Lestari, B. B., Saputra, A. W., Almaulana, A. W., & Anugraheni, M. T. I. M. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161–167.
Tu, S., Zhang, Z., Yu, J., Li, C., Zhang, S., Yao, Z., Hou, L., & Li, J. (2023). LittleMu: Deploying an online virtual teaching assistant via heterogeneous sources integration and chain of teach prompts. arXiv preprint arXiv:2308.05935.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayuk Suprihartini, Diah Afrianti Rahayu, I Wayan Karang Utama, Dina Mayadiana Suwarma, Marlina Marlina, Irawan Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.