ANALISIS PERAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Erwin Dhaniswara Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Zulfiah Larisu Universitas Halu Oleo Kendari
  • Feri Sanjaya Institut STIAMI
  • Nur Kurniasari Universitas Yos Soedarso Surabaya
  • Rissa Megavitry Universitas Negeri Makassar
  • Marlina Marlina lnstitut Agama Islam Negeri Takengon Aceh Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17586

Keywords:

Game Edukasi, Mobile, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran game edukasi berbasis mobile dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis sumber literatur terkait topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi berbasis mobile efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui elemen permainan yang menarik dan tantangan belajar yang disajikan secara interaktif. Hal ini menyebabkan siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, game edukasi berbasis mobile juga berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar siswa. Dalam lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, siswa memiliki kesempatan untuk mengasah pemahaman mereka terhadap materi pelajaran melalui percobaan, simulasi, dan tantangan dalam lingkungan virtual yang aman. Fleksibilitas dan aksesibilitas game edukasi berbasis mobile memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar lingkungan kelas tradisional. Namun, tantangan seperti desain game yang efektif, integrasi dalam kurikulum, dan dukungan dari pihak sekolah dan orangtua perlu diperhatikan agar penggunaan game edukasi berbasis mobile dapat dioptimalkan. Selain itu, perlu dihindari potensi ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dengan menjaga keseimbangan antara interaksi sosial dan pembelajaran luar kelas. Hasil penelitian ini memberikan sumbangan yang berharga dalam memahami peran game edukasi berbasis mobile dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Diharapkan temuan ini dapat diimplementasikan oleh pendidik dan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik bagi siswa di era teknologi informasi dan komunikasi.

References

Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis Of Online Learning Media On Pjok Learning Outcomes. Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 64–69.

Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 17–23.

Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3d Di Sma. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57–68.

Desrinelti, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivitas Pendekatan Science Technology Community (Stm) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 29.

Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. (2019). Blended Learning Konsep Dan Implementasi Pada Pendidikan. In Kadek Cahya Dewi, S.T., M.Cs Putu Indah Ciptayani, S.Kom., M.Cs Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D Dr. Priyanto, M.Kom (Issue 28).

Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Preschool: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. Https://Doi.Org/10.35719/Preschool.V1i1.3

Hasanah, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Kesehatan Mental Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Institut Ptiq Jakarta.

Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/14784

Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Efendi, M. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot, 3(4), 397–407. Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V%Vi%I.809

Kusuma, Z. L., & Subkhan. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sman 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2988

Pasari, A. S., Bhawane, A., Balwani, M. R., Tolani, P., Ramteke, V., & Deshpande, N. (2020). Knowledge About Covid-19 And Practices Among Hemodialysis Technicians In The Covid-19 Pandemic Era. International Journal Of Nephrology, 2020. Https://Doi.Org/10.1155/2020/6710503

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(01), 163–172.

Salam, F. A., Hita, I. P. A. D., & Juliansyah, M. A. (2021). Aksiologi Penggunaan Var Dalam Industri Olahraga. Jurnal Penjakora, 8(2), 106–113. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V8i2.32171

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&G. Alfabeta.

Sulistyarsi, A. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Membuat Alat Peraga Ipa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Cermo 01 Kare Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(01).

Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajarandaring Pjok Selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education And Development, 9(1), 225–229. Https://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/Ed/Article/View/2366

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Dhaniswara, E. ., Larisu , Z. ., Sanjaya, F. ., Kurniasari , N. ., Megavitry , R. ., & Marlina, M. (2023). ANALISIS PERAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 24–30. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17586

Most read articles by the same author(s)