MANAJEMEN NABI ZULKIFLI (RAJA YANG LUAR BIASA SABAR DAN ADIL)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23865Keywords:
Manajemen, Nabi ZulkifliAbstract
Nabi Zulkifli memimpin komunitas lokal, memiliki sifat tegas, sabar, dan cenderung adil. Ia selalu tepat waktu dan jujur. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Pertama, seorang pemimpin harus menjalani gaya hidup yang sederhana; kedua, menjaga keadilan bagi seluruh rakyat; dan ketiga, tetap bersabar terhadap apa pun yang terjadi. Nabi Dzulkifli telah meningkatkan kesejahteraan rakyat Syam sebagai pemimpin. Dengan cara ini, seorang pemimpin seharusnya bertindak untuk menegakkan keadilan di negara yang dia pimpin. Ia memperkaya semua orang, bukan hanya diri sendiri dan kelompoknya. Untuk menjadi pemimpin yang adil, dia selalu mempertimbangkan keadaan rakyatnya. Karena puasa melatih kesabaran secara tidak langsung karena menahan diri untuk tidak makan dan minum selama berjam-jam. Akhirnya, kebiasaan inilah yang membuat Nabi pemimpin negeri Syam itu tetap sabar. Karakter Nabi Zulkifli adalah Sifat sabar dan saleh. Dengan sabar, saleh, dan baik, nabi dibawa menjadi raja; sabar dalam menahan kemarahan; saleh dalam beribadah; dan puasa siang dan malam; dan doa nabi saat rakyatnya berperang, di mana dia mendoakan agar semua pengikutnya hidup dalam perang. Ini adalah sifat saleh nabi. Jadi nabi adalah akhyar atau orang yang dipilih. Dalam rahasia, nabi melakukan tiga hal, yaitu: 1. Ketika dia mengajak rakyatnya untuk bertauhid, 2. Mengajak pengikutnya untuk beribadah, 3. Mengajak orang untuk membayar zakat untuk kebaikan rakyat. Salah satu hikmah dari tindakan Nabi Zulkifli adalah: 1. Jika seseorang mampu memenuhi janjinya, Allah dapat menaikkan derajatnya. 2. Kita harus mengambil contoh dari akhlak baik, penyabar, dan bijaksana Nabi Zulkifli. 3. Akhlak mulianya membuatnya sangat dicintai oleh rakyatnya meskipun dia memiliki kekuasaan dan kedudukan yang tinggi. 4. Meminta sesuatu yang bertentangan dengan takdir Allah akan menimbulkan masalah baru bagi manusiaReferences
Ariany Syurfah, M.Hum., Dan M.Ag. Menerbitkan Buku Berjudul Kisah Teladan Dan Menakjubkan 25 Nabi Di Jakarta Dengan Isbn (13) 978-979-788-398-0.
Hendri Tanjung, Dr. Ph.D., 2021, Menerbitkan Manajemen Syariah Di Youtube Dan Ummattv.
Ibnu Katsir, 2019, Menerbitkan Kisah Para Nabi Hc: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi, Di Qisthi Press.
M. Aris, 2021, Menerbitkan Kisah Nabi Dzulkifli, Memiliki Kesabaran Luar Biasa, Di Gramedia Blog.
Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).
Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used By English Teachers In Teaching Vocabulary. Journal On Education, 6(1), 674-679.
Ilmudinulloh, R. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital.
Jusita, M. L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 4(2), 90-95.
Munawaroh, A., & Christijanti, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan Smp. Journal Of Biology Education, 2(1).
Na’imah, N. J., Supartono, S., & Wardani, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).
Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective In English Online Learning?: The Students' And Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.
Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.
Patmanthara, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno, 26(2).
Rahmawati, Y., & Haryani, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2).
Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (Ai) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal On Education, 6(1), 750-757.
Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Va Sdn Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), 11-14.
Sari, M. N. (2021). Shaping Young Learners’character Through Teacher Questioning In English Classroom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.
Sari, M. N. (2022). Teachers’ Perceptions On Students’ Learning Styles On Learning English At Sma Negeri 10 Kerinci. Jurnal Pendidikan, Keguruan, Dan Pengajaran, 1(1), 32-43.
Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). An Analysis Of Students’motivation And Anxiety On Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181-188.
Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis Of English Classroom Interaction Pattern At Eleventh Grade Of Smkn 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.
Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pbp) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Deepublish.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.
Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal On Education, 6(1), 2847-2856.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmat Rahmat, Hendri Tanjung, Nur Ahmadi Bin Rahman, Ade Khadijatul Z. Hrp, Marlina Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.