PERANAN STRUKTUR FILSAFAT ILMU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23754Keywords:
Filsafat Ilmu, Pembelajaran Agama Islam, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran struktur filsafat ilmu dalam membentuk karakter melalui pembelajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis literatur dengan pendekatan kualitatis dengan hasil analisis deskriptif. Filsafat ilmu yang digunakan dalam penelitian ini dijadikan sebagai kerangka teoritis untuk memahami esensi pengetahuan agama Islam dalam meningkatkan karakter. Hasil penelitian struktur filsafat ilmu yang akan memberikan landasan dalam menggabungkan aspek pengetahuan agama dengan dimensi nilai dan etika. Pendekatan ini, siswa tidak hanya memahami ajaran agama Islam, tetapi juga menginternalisasi nilai moral dan etis dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa penerapan struktur filsafat ilmu dalam pembelajaran agama Islam dapat menjadi model efektif untuk mengembangkan karakter positif pada siswa, dan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan karakter di tingkat pendidikan yang lebih luas.References
Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali.1989.Ihya' 'Ulum ad-Din, Dar al-Fikr, Beirut, Jilid IV.
A Haris Hermawan.2010. Filsafat Pendidikan Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, Jakarta.
Al-Qardhawi, Yusuf.1999.Karakteristik Islam,Kajian Analistik, Surabaya; Risalah Gusti.
Azra, A. 2005. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Hidayat, K. 2008. Islam, Agama Peradaban. Jakarta: PT Mizan Publika.
Irawan.2018.Kembali Ke: Filsafat Ilmu. Intelekia Pratama: Bandung
Ismail Raji al-Faruqi.2002.Atlas Budaya Islam: Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang. Bandung: Mizan.
Iqbal, Muhammad.1981.The Reconstruction of Religius Thught in Islam, New Delhi: Kitab Bhavan.
Lickona, Thomas.1991. Educating for Character: How Our School Can TeachRespect and Responsibility, New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books
Lickona, Thomas.2012.Educating for Character: Mendidik untk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Nashr, Seyyed Hossein.1975.Islam and the Plight of Modern Man,Chicago: ABC Internatioan Group, Inc.
Nata, Abuddin.2005.Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Soetriono dan Rita Hanafie.2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Yogyakarta: ANDI.
Seyyed Hossein Nasr.2006.Islamic Philosophy from Its Origin to the Present: Philosophy in the Land of Prophecy. State University of New York Press.
Zubaedi.2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
https://www.rri.co.id/pusat-pemberitaan/hukum/392765/kpai-ungkap-dunia-pendidikan-indonesia-darurat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Feri Julhamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.