PERANAN STRUKTUR FILSAFAT ILMU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Feri Julhamdani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irawan Irawan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tedi Priatna Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23754

Keywords:

Filsafat Ilmu, Pembelajaran Agama Islam, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran struktur filsafat ilmu dalam membentuk karakter melalui pembelajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis literatur dengan pendekatan kualitatis dengan hasil analisis deskriptif. Filsafat ilmu yang digunakan dalam penelitian ini dijadikan sebagai kerangka teoritis untuk memahami esensi pengetahuan agama Islam dalam meningkatkan karakter. Hasil penelitian struktur filsafat ilmu yang akan memberikan landasan dalam menggabungkan aspek pengetahuan agama dengan dimensi nilai dan etika. Pendekatan ini, siswa tidak hanya memahami ajaran agama Islam, tetapi juga menginternalisasi nilai moral dan etis dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa penerapan struktur filsafat ilmu dalam pembelajaran agama Islam dapat menjadi model efektif untuk mengembangkan karakter positif pada siswa, dan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan pendidikan karakter di tingkat pendidikan yang lebih luas.

References

Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali.1989.Ihya' 'Ulum ad-Din, Dar al-Fikr, Beirut, Jilid IV.

A Haris Hermawan.2010. Filsafat Pendidikan Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, Jakarta.

Al-Qardhawi, Yusuf.1999.Karakteristik Islam,Kajian Analistik, Surabaya; Risalah Gusti.

Azra, A. 2005. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Hidayat, K. 2008. Islam, Agama Peradaban. Jakarta: PT Mizan Publika.

Irawan.2018.Kembali Ke: Filsafat Ilmu. Intelekia Pratama: Bandung

Ismail Raji al-Faruqi.2002.Atlas Budaya Islam: Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang. Bandung: Mizan.

Iqbal, Muhammad.1981.The Reconstruction of Religius Thught in Islam, New Delhi: Kitab Bhavan.

Lickona, Thomas.1991. Educating for Character: How Our School Can TeachRespect and Responsibility, New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books

Lickona, Thomas.2012.Educating for Character: Mendidik untk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashr, Seyyed Hossein.1975.Islam and the Plight of Modern Man,Chicago: ABC Internatioan Group, Inc.

Nata, Abuddin.2005.Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Soetriono dan Rita Hanafie.2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Yogyakarta: ANDI.

Seyyed Hossein Nasr.2006.Islamic Philosophy from Its Origin to the Present: Philosophy in the Land of Prophecy. State University of New York Press.

Zubaedi.2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

https://www.rri.co.id/pusat-pemberitaan/hukum/392765/kpai-ungkap-dunia-pendidikan-indonesia-darurat

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Julhamdani , F., Irawan, I., & Priatna, T. . (2023). PERANAN STRUKTUR FILSAFAT ILMU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4491–4497. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23754