PENERAPAN METODE ICE BREAKING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA SIMPANG EMPAT MARBAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44396Keywords:
Ice Breaking, Pendidikan Islam, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode ice breaking dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia dini di RA Simpang Empat Marbau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ice breaking dapat meningkatkan minat belajar anak, membangun suasana belajar yang menyenangkan, serta membantu anak dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti kejujuran, disiplin, dan kerja samaReferences
Arief, A., 2015. Metodologi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bogdan, R. C., dan Biklen, S. K., 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Pearson.
Braun, V., dan Clarke, V., 2006. Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W., 2016. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Hurlock, E. B., 2002. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E., 2012. Manajemen PAUD. Jakarta: Bumi Aksara.
Santrock, J. W., 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Suparlan., 2016. Menjadi Guru yang Kreatif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Suyadi., 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zubaedi., 2017. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aisyah, R., 2022. Metode Pembelajaran Islam pada Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Hidayat, M., 2020. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, T., 2018. "Ice Breaking dalam Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123-135.
Rohman, S., 2021. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono., 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Zahra, L., 2020. "Kendala dalam Implementasi Ice Breaking di RA". Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 45-56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurlaili Jannah Siregar, Nanda Rahayu Agustia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




