INTERNALISASI NILAI KEJUJURAN MELALUI PEMBIASAAN HARIAN DI RA AL-BARKAH KAMPUNG LALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44394Keywords:
Internalisasi, Kejujuran, Pembiasaan Harian, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai kejujuran melalui pembiasaan harian di RA Al-Barkah Kampung Lalang. Kejujuran merupakan salah satu nilai karakter yang penting dalam pembentukan kepribadian anak sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai kejujuran dilakukan melalui beberapa kegiatan harian, seperti pembiasaan berkata jujur dalam setiap interaksi, pemberian contoh dari guru, penguatan melalui cerita-cerita moral, serta pemberian reward dan konsekuensi terhadap perilaku anak. Guru berperan sebagai model utama dalam menanamkan nilai kejujuran dengan cara memberikan contoh nyata dalam keseharian. Selain itu, lingkungan sekolah yang mendukung juga berkontribusi dalam membentuk karakter jujur pada anak.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembiasaan harian di RA Al-Barkah efektif dalam menginternalisasikan nilai kejujuran kepada anak usia dini. Diharapkan adanya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua dalam memperkuat pembentukan karakter kejujuran pada anakReferences
Agustia, N. R., Ismaraida, I., dan Nofianti, R., 2022. Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak Melalui Baca Tulis Al-Quran di Desa Lau Gumba. Warta Dharmawangsa, 16(4), 1159-1167.
Al-Ghazali., 2005. Ihya' Ulumuddin. Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.
Bandura, A., 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall
Baumrind, D., 1991. The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95.
Berkowitz, M. W., dan Bier, M. C., 2005. What works in character education: A research- driven guide for educators. Character Education Partnership.
Bronfenbrenner, U., 1979. The Ecology of Human Development. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Creswell, J. W., 2013. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
Denzin, N. K., dan Lincoln, Y. S., 2018. The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.
Goleman, D., 1995. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Lickona, T., 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
Lickona, T., 2004. Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Simon & Schuster.
Merriam, S. B., 2009. Qualitative research: A guide to design and implementation. Jossey-Bass.
Miles, M. B., Huberman, A. M., dan Saldaña, J., 2014. Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Miles, M.B., dan Huberman, A.M., 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Nucci, L., dan Narvaez, D., 2008. Handbook of moral and character education. Routledge.
Piaget, J., 1965. The Moral Judgment of the Child. New York: Free Press.
Rest, J., Narvaez, D., Thoma, S. J., dan Bebeau, M. J., 1999. Postconventional moral thinking: A neo-Kohlbergian approach. Lawrence Erlbaum Associates.
Santrock, J. W., 2011. Child Development. New York: McGraw-Hill.
Skinner, B. F., 1953. Science and Human Behavior. New York: Macmillan.
Stake, R. E., 1995. The art of case study research. SAGE Publications.
Yin, R. K., 2018. Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuraminah Nasution, Nanda Rahayu Agustia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




