UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SHOLAT 5 WAKTU SISWA KELAS VII A MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN

Authors

  • Khodijah Dwi Ambarwati Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nanda Rahayu Agustia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31032

Keywords:

Upaya Guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin, Sholat.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter disiplin sholat 5 waktu siswa, serta faktor penghambatnya, dan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa dalam melaksanakan sholat lima waktu khususnya dikelas VII A MTs Miftahussalam Medan. Dengan metode kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan segala sesuatu yang berkaitan dengan judul ataupun permasalan yang diangkat. Yaitu dengan melakukan observasi atau pengamatan ke lapangan, serta melakukan pengamatan terhadap peristiwa yang telah terjadi, serta dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa dikelas VII A MTs Miftahussalam Medan. Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter disiplin sholat siswa yaitu dengan metode ceramah, metode pembiasaan, metode motivasi, metode evaluasi Sehingga dapat disimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin sholat siswa kelas VII A MTs Miftahussalam sudah dapat dikatakan cukup baik.

References

Abubakar, A. (2019). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KURIKULUM SMP ISLAM TERPADU AL FAHMI PALU. Al-Qalam, 25(1). https://doi.org/10.31969/alq.v25i1.697

Akbar, A. (2021). PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/JPG.V2I1.4099

Chrisvianty, E., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628

Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences pada Pembelajaran PAI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. https://doi.org/10.37542/IQ.V1I02.17

Mahmudi, W. L., Sulaiman, S., Yusetyowati, Y., & Wahyumi, P. (2022). KAJIAN SHOLAT KHUSYUK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI SEMARANG. Bangun Rekaprima, 8(2). https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3965

Muhammad, S., & Djumat, I. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 4.

Muhtarom, A. (2023). MAKNA LALAI SHOLAT TAFSIR SURAT AL-MA’UN AYAT 4-5. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 2(1). https://doi.org/10.52431/ushuly.v2i1.532

Rahayu, K. D., & Widiyanti, N. (2021). Kultur, Komitmen, Keterlibatan karyawan Dalam Keberlanjutan Manajemen SDM (Studi pada Karyawan Swasta di DiY). UPAJIWA DEWANTARA, 4(2). https://doi.org/10.26460/mmud.v4i2.8337

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers.

Saepudin, J. (2021). Kesiapan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dalam Menyiapkan Guru Profesional di IAIN Raden Intan Lampung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.723

Samrin, S. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 27(1). https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2895

Sofralda, S., & Septriana Muhajir, M. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI PENGURUS PESANTREN MAHASISWI IUQI TERHADAP ANGGOTA DALAM DISIPLIN PELAKSANAAN SHOLAT SUBUH BERJAMA’AH. AT-TAWASUL, 1(1). https://doi.org/10.51192/ja.v1i1.108

Suryana, S. (2020). PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Syukur, F. (2015). REORIENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN DERADIKALISASI AGAMA. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23(1), 113–130. https://doi.org/10.21580/WS.23.1.226

Tri, O. T., Pangestuti, A., Wulandari, R., Setiawan, F., Islam, P. A., & Dahlan, A. (2021). Permasalahan Guru Honorer Terkait Kebijakan Penghentian Rekrutmen Guru Pns Menjadi Pppk. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1133–1138. https://doi.org/10.47492/JIP.V1I4.833

Utami, K., Setyawati, I., & Ariendha, D. S. R. (2023). Sholat 5 Waktu sebagai Kebutuhan Spiritualitas Terkuat pada Pasien Muslim dengan Kanker Ginekologi. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(1). https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.475

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Ambarwati, K. D. ., & Agustia, N. R. . (2024). UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SHOLAT 5 WAKTU SISWA KELAS VII A MTS MIFTAHUSSALAM MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9267–9273. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31032