STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK MULIA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL-WASHLIYAH SUKA MULIA

Authors

  • Dharmawati Dharmawati Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nanda Rahayu Agustia Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44397

Keywords:

Strategi Guru, Akhlak Mulia, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam menanamkan akhlak mulia pada anak usia dini melalui metode bercerita di RA Al-Washliyah Suka Mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita efektif dalam membentuk akhlak anak dengan strategi utama seperti pemilihan cerita yang relevan, penyampaian yang menarik, diskusi setelah bercerita, dan penggunaan media pendukung. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, perbedaan tingkat pemahaman anak, dan kurangnya variasi media, yang diatasi dengan pemanfaatan alat bantu kreatif, keterlibatan orang tua, dan jadwal bercerita yang fleksibel.Kesimpulannya, metode bercerita tidak hanya membentuk karakter anak tetapi juga meningkatkan keterampilan komunikasi dan imajinasi mereka, sehingga menjadi strategi yang efektif dalam pendidikan akhlak sejak usia dini

References

Al-Ghazali., 2004. Ihya Ulumuddin. Beirut: Darul Kutub Ilmiyah.

Bogdan, R. C., dan Biklen, S. K., 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Pearson.

Braun, V., dan Clarke, V., 2006. Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Bruner, J., 1986. Actual Minds, Possible Worlds. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Creswell, J. W., 2016. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hurlock, E. B., 2002. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Kohlberg, L., 1981. The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. San Francisco: Harper & Row.

Mayer, R. E., 2005. Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press

Moleong, L. J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munif Chatib., 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Jakarta: Mizan.

Nashori, F., 2015. Psikologi Moral Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piaget, J., 1972. The Psychology of the Child. New York: Basic Books.

Slavin, R. E., 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education.

Susanto, A., 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi., 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, S., 2010. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga.

Vygotsky, L. S., 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-04-17

How to Cite

Dharmawati, D., & Agustia, N. R. (2025). STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN AKHLAK MULIA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RA AL-WASHLIYAH SUKA MULIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4011–4014. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44397

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.