ANALISIS PERUBAHAN STATISTIK KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP PERTAMINA PASCA KASUS PENGOPLOSAN PERTALITE KE PERTAMAX
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44172Keywords:
Kepercayaan Konsumen, Pertamina, Pengoplosan BBM, Metode KorelasiAbstract
Kasus pengoplosan bahan bakar minyak (BBM) yang mencuat pada awal tahun 2025 telah menimbulkan keresahan bagi masyarakat dan berdampak pada penurunan tingkat kepercayaan terhadap PT Pertamina ( Persero). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan kepercayaan konsumen pasca kasus tersebut dengan pendekatan studi literatur mengunakan data dari sumber jurnal ilmiah, laporan resmi, dan berita dari media yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang memengaruhi perubahan kepercayaan adalah eksposur media, pengalaman pribadi konsumen, serta respons dan kebijakan Pertamina dalam menangani kasus tersebut. Kepercayaan publik mengalami penurunan, terutama dalam aspek transparansi dan kontrol kualitas. Studi ini memberikan rekomendasi bagi Pertamina untuk meningkatkan komunikasi dengan publik serta memperbaiki sistem pengawasan distribusi bahan bakar minyak (BBM).References
Coombs, W. T. (2007). “Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory.” Corporate Reputation Review, 10(3), 163-176. Google Scholar+6
Pratama, A.B., & Suputra, I. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. Jurnal Manajemen Digital, 4(1), 45-60.
Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a New Dominant Logic for Marketing. Journal of Marketing, 68(1), 1–17.
Wiku W, R., Hartono, & Subagja, G. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Online (Studi Pada Pengguna Aplikasi TIX.ID di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(5), 212–221.
Wong, D. 2017. “Pengaruh Ability, Benevolence Dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce : Studi Kasus Pada Pelanggan Ecommerce Di UBM”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2, (2) : 155 – 168.
Kompas.id. (2025). Jejak Pendapat Kompas: Konsumen BBM Tengah Ragu dengan Kualitas Produk Pertamina. Diakses dari: https://www.kompas.id/artikel/jejak-pendapat-kompas-konsumen-bbm-tengah-ragu-dengan-kualitas-produk-pertamina
Tirto.id. (2025). Kepercayaan Publik Tersapu Isu BBM Oplosan, Pertamina Harus Apa? Diakses dari: https://tirto.id/kepercayaan-publik-tersapu-isu-bbm-oplosan-pertamina-harus-apa-g8Rb
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Agriyani, Loranty Folia Simanjuntak, Helda Anggraini, Aurel Ramadhanti Surya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.