IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SD 03 MINAS BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43529Keywords:
Pembelajaran PAI, sikap kepedulian sosial, keteladanan, TarghibAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa di SD 03 Minas Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey lapangan, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian SD 03 Minas Barat bahwa implementasi pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah dalam peningkatan sikap kepedulian sosial siswa diantaranya adalah dengan menggunakan metode pendekatan agama, sebab seperti yang diketahui bahwa siswa di SD 03 Minas Barat tersebut . Sehingga dalam implementasi pembelajarannya di sekolah tersebut menggunakan pendekatan agama, dengan berdasarkan pada dua metode. Pertama, metode keteladanan artinya mencontohkan sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan, jadi tidak hanya sebatas ceramah namun lebih pada memberikan contoh atau teladan kepada siswa. Kedua, metode targhib atau motivasi untuk senantiasa melakukan kebaikan. Kedua metode tersebut sudah terbiasa dilakukan denga dasar pijakan Al-Qur’an, As-Sunnah ataupun perkataan para ulama.References
Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Baginda, M. (2018). Values of character-based education in primary and secondary education. Iqra’ Scientific Journal, 10(2), 1–12. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/593/496
Halim, A., & Sumianti, Azrein, N. S. (2024). Implementasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SDN 12 / X Pemusiran Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1737–1746. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/551
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Malla, H. A. B. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Kepedulian Peserta Didik. Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 35–52.
Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kaubun. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 30–45. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i4.568
Rahmah, I. S. (2023). Implementasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMP KHZ Musthafa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 256–261. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.59
Setiawati, T. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3856
Susina, E. (2023). Implementasi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Sikap Kepedulian Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Air Batu. Analysis Journal of Education, 1(2), 256–261. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.59
Taufikurrahman, T., & Rofiq, A. A. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Di Sma Darul Karomah. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 253–274. https://doi.org/10.36420/ju.v6i2.4112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elfi Rahma, Elfi Rahma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.