PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Andi Tenri Pada Universitas Muhammadiyah Bone
  • Hamka Hamka Universitas Muhammadiyah Bone
  • Syamsuria Syamsuria Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44166

Keywords:

Motivasi Belajar Siswa, Variasi Mengajar Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh dan diolah merupakah hasil jawaban angket dari siswa kelas XI IPS SMAN 3 Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket dengan terjun langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah variabel variasi mengajar guru (X) memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) kelas XI IPS SMAN 3 Bone. Hal tersebut berarti hipotesis (Ha) diterima, karena nilai thitung > ttabel atau 6,666 > 1,685 nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variasi dalam metode mengajar, seperti variasi alat bantu pengajaran, pemusatan perhatian siswa, melakukan kontak mata dengan siswa dan perubahan posisi guru dalam pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Variasi mengajar guru memungkinkan guru untuk menyajikan materi pelajaran dengan cara yang berbeda-beda, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Variasi mengajar guru meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika siswa merasa tertarik dan terlibat dalam pelajaran, mereka cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai hasil yang lebih baik.

References

Ajhuri, Kayyis Fitrhi. 2021. Urgensi Motivasi Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Ananda, Rusydi dan Fitri Hayati. 2021. Variabel Belajar: Kompilasi dan Konsep. Medan: CV. Pusdikra.

Anwar, Mahfuzil. 2023. Hygnie Factors dan Motivator Factors (Teori Herzberg). Makassar: Yayasan Barcode Publisher.

Ariani, Nurlina. dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Rantauprapat : Widina Bhakti Persada.

Billah, Mu’tasim dan Intan Yusril Hamidah. 2022. “Pengembangan Variasi Mengajar Guru di Madrasah Tsanawiyah Attaraqqie Malang”. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 6(2).

Indragani, Kadek Dewi Purnama. dkk. 2021. “Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(1).

Jabnabillah, Faradiba dan Nur Margina. 2022. “Analisis Pengaruh Pearson dalam Menentukan Pengaruh Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring”. Jurnal Sintak. 1(1).

Joen, Siemze. dkk. 2022. Kinerja Guru Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Makassar: Magama Publisher.

Juliya, Mira dan Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Genta Mulia. 12(1).

Kurniawan, Andi. dkk. 2022. Metode Pembelajaran di Era Digital 4.0. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Mazang, Aziz. 2021. “Hakikat Pendidikan”, Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1).

Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. 2021. Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nasution, Fauziah. dkk. 2022. “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Peningkatan Kualitas Pengajaran”. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 2(2).

Novariana, Meilisa. 2021. “Interaktif Edukatif Guru Kunjungan sebagai Strategi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Indonesian Journal of Educational Development. 1(4).

Oktafiani dan Mujazi. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika”. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 7(1).

Priadana, Sidik dan Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Rahayu, Woro Isti Rahayu dan Mauliddhia Restu Shafina. “Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem untuk Pengukuran Usability dengan Menerapkan Metde Use Questionnaire”. Jurnal Teknik Informatika. 14(3).

Rahman, Abdul. dkk. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”, Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal PPS Universitas Gorontalo. 1(1).

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia.

Suwandi. dkk. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: CV. Eureka Media Aksara

Tahir, Muhammad dan Elihami. 2021. “Peningkatan Variasi Mengajar pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Semester Tiga di Prodi Pendidikan Nonformal STKIP Muhammadiyah Enrekang”. Jurnal Ummaspul. 1(1).

Wiguna, Arya Chandra. 2022. “Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa”, Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 9 (2).

Yanti, Salma. dkk. 2022. “Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3(1).

Zahara, Vadilla Mutia dan Cep Jandi Anwar. 2021. Mikro Ekonomi (Sebuah Pengantar). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2025-04-06

How to Cite

Pada , A. T., Hamka, H., & Syamsuria, S. (2025). PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3701–3710. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44166

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.