UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI TALAWAAN BAJO

Authors

  • Angelina Helda Semuruk Universitas Trinita
  • Vera Lesawengen Samrowi Universitas Trinita
  • Natanael Geral Mirah Universitas Trinita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43030

Keywords:

Bahasa Indonesia, Meningkatkan, Motivasi Belajar, Syllabic Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode suku kata (syllabic method) pada mata pelajaran Bahasa Indonesa SD kelas 1 Talawaan Bajo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. PTK ini dilakukan dua siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan, sedangkan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Talawaan bajo, terletak di Kabupaten MInahasa Utara Propinsi Sulawesi Utara. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 25 siswa, dengan pembagian 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki dengan rentang usia 6-7 tahun. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode suku kata (syllabic method) terjadi peningkatan pada motivasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri Talawaan Bajo, hal tersebut ditunjukkan dengan motivasi belajar pra siklus masih di angka 58,39%, meningkat sedikit pada siklus 1 sebesar 60,81%, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan secara signifikan ayitu menjadi 80,81%. Ini dikarenakan ada upaya dari guru untuk dapat meningkatan motivasi belajar siswa, Guru berupaya begitu aktif mengajarkan pembelajaran pad siswa pada tahapan membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1.

References

Asrori dan Rusman. (2020). Classroom Action Research. Purwokerto: Pena Persada.

Astrit Aprilia, Rani. (2020). SDN 1 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Tulungagung Analisis MOtivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di eklas IV SDN 1 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pena SD Volume 05 Nomor 1.

Angelina, H. Semuruk. (2014). Peningkatan kompetensi sosioemosional anak melalui metode permainan sosiodrama pada kelompok B TK Samuphahita Malang. UM Malang.

Christine Lorenzi, dkk. (2014) Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya Vol. 2, No. 2 Mei 2024. e-ISSN: 3025-7476, p-ISSN : 3025-7484, Hal 169-178 DOI : https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.601.

Edu, A. L., Saiman, M., & Nasar, I. (2022). Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar.

Furoidah, R. R. F., & Rohinah. (2019). Implementasi Metode Suku Kata (Syllabic Method ) dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al- Muthi ’ in Banguntapan. Pendidikan.

Hamzah Uno, (2023) Teori motivasi dan Pengukurannya. Analsis di bindang Pendidikan. Bumi Aksara.

Havisa, S., Solehun, S., & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.765.

Herdianingsih, M. F., Wahyuno, E., & Pramono, P. (2019). Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 39–43. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p039.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1369

Hijjah Safitri Harahap. 2021. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 1. No. 3 (2021), h. 217-220. Analisis Motivasi Siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri 106836 Limau Manis.

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301.

Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. PANDAWA, 3(2), 358-367. https://ejournal.stitpn.ac.id/index .php/pandawa/article/view/1268

Ningsih, D. A., Nurbaedah, N., & Narti, W. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Modelling The Way pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Nomor 94/II Bungo. el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 124-159. https://doi.org/10.51311/elmadib.v2i1.36

Mustikawati, R. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(1), 41–56.

Mustajab,Amin dkk,. 2023. Analisis kurangnya motivasi belajar Bahasa Indonesia pada masa Pandemi. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. P-ISSN 2620-9004|E-ISSN 2620-8997 Vol. 6 No.2 Bulan 2023 | Hal 155-173. STKIP Melawi

Nainggolan, M. F., & Rahdiani, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Syllabic Method. Jurnal TEKESNOS, 2(1), 49–56.

Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/ii Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67.

Suyadi, Sari, Putri, R. (2021). Penggunaan Metode Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan. Universitas Borneo Tarakan: Jurnal Riset Pedagogik Vol.5. No.2. P-ISSN: 2581-1843.

Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. 2021. Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 113–133. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1642

Syatauw, G.R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2 (2), 80-86.

Yuni Triana Dewi, dkk. Penerapan metode suku kata dalam pembelajaran membaca Permulaan pada siswa SD Susan Giri Ngebruk. Universitas Negeri Malang

Salam, S (2023). Pendekatan Holistik dan mengembangkan Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan https://www.jurnaldidaktika.org/ contents/article/view/195

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

Semuruk, A. H., Samrowi, V. L., & Mirah, N. G. (2025). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI TALAWAAN BAJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3015–3029. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43030

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.