PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44164Keywords:
Audio Visual, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMA Negeri 28 Bone sebanyak 19 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket (kuesioner) serta dokumentasi secara langsung terjun ke lokasi penelitian. Teknik analisis data menggunakan Descriptive Analysis. Data diolah dengan uji validitas berupa kuesioner dan uji reliabilitas. Kemudian untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan rumus regresi linear sederhana dan uji-t (parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 28 Bone. Hal tersebut berarti hipotesis H1 diterima, karena nilai t hitung > t tabel atau 2,897 > 1,729 nilai sig sebesar 0,01 < 0,05.References
Ajhuri, Kayyis Fitrhi. 2021. Urgensi Motivasi Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Ananda, Rusydi dan Fitri Hayati. 2021. Variabel Belajar: Kompilasi dan Konsep. Medan: CV. Pusdikra.
Anwar, Mahfuzil. 2023. Hygnie Factors dan Motivator Factors (Teori Herzberg). Makassar: Yayasan Barcode Publisher.
Ariani, Nurlina. dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Rantauprapat : Widina Bhakti Persada.
Billah, Mu’tasim dan Intan Yusril Hamidah. 2022. “Pengembangan Variasi Mengajar Guru di Madrasah Tsanawiyah Attaraqqie Malang”. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 6(2).
Indragani, Kadek Dewi Purnama. dkk. 2021. “Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1(1).
Jabnabillah, Faradiba dan Nur Margina. 2022. “Analisis Pengaruh Pearson dalam Menentukan Pengaruh Antara Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Daring”. Jurnal Sintak. 1(1).
Joen, Siemze. dkk. 2022. Kinerja Guru Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Makassar: Magama Publisher.
Juliya, Mira dan Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Genta Mulia. 12(1).
Kurniawan, Andi. dkk. 2022. Metode Pembelajaran di Era Digital 4.0. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.
Mazang, Aziz. 2021. “Hakikat Pendidikan”, Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(1).
Nalendra, Aloysius Rangga Aditya. 2021. Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nasution, Fauziah. dkk. 2022. “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Melalui Peningkatan Kualitas Pengajaran”. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. 2(2).
Novariana, Meilisa. 2021. “Interaktif Edukatif Guru Kunjungan sebagai Strategi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Indonesian Journal of Educational Development. 1(4).
Oktafiani dan Mujazi. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika”. JPGI: Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 7(1).
Priadana, Sidik dan Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Rahayu, Woro Isti Rahayu dan Mauliddhia Restu Shafina. “Aplikasi Analisis Kelayakan Sistem untuk Pengukuran Usability dengan Menerapkan Metde Use Questionnaire”. Jurnal Teknik Informatika. 14(3).
Rahman, Abdul. dkk. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan”, Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar”. Jurnal PPS Universitas Gorontalo. 1(1).
Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia.
Suwandi. dkk. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: CV. Eureka Media Aksara
Tahir, Muhammad dan Elihami. 2021. “Peningkatan Variasi Mengajar pada Proses Pembelajaran Mahasiswa Semester Tiga di Prodi Pendidikan Nonformal STKIP Muhammadiyah Enrekang”. Jurnal Ummaspul. 1(1).
Wiguna, Arya Chandra. 2022. “Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa”, Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 9 (2).
Yanti, Salma. dkk. 2022. “Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3(1).
Zahara, Vadilla Mutia dan Cep Jandi Anwar. 2021. Mikro Ekonomi (Sebuah Pengantar). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh. Izhur S, Syamsuria Syamsuria, Sandi Sandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.