PENGARUH DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Authors

  • Taufik Muchtar Politeknik ATI Makassar
  • Syahrul Syahrul Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muh Akbar Saputra Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43017

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), peluang, permasalahan, Literature reviu, pengaturan.

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan permasalahan yang muncul dalam penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pembelajaran berbasis proyek ini semakin populer sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan literature review atau tinjauan pustaka sebagai metode utama untuk pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah literatur yang berkaitan dengan PjBL. Artikel jurnal, buku, tesis, dan disertasi yang telah dipublikasikan sebelumnya, yang membahas tentang penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pendidikan. Penelitian terdahulu yang mengkaji tentang pengaruh PBL serta permasalahan yang muncul dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan problem solving dan kerja tim siswa. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan bagi guru, serta tantangan dalam manajemen kelas yang melibatkan proyek besar. Pembahasan lebih lanjut mengungkapkan bahwa meskipun PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa, implementasinya membutuhkan persiapan yang matang dan dukungan fasilitas yang memadai. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa PjBL memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi perlu diatasi tantangan-tantangan yang ada untuk memaksimalkan keberhasilannya.

References

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis stemterhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253.

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105–116.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Springer Science & Business Media.

Ismanto, E., Anshari, K., & others. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul untuk pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 17–24.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1987). Learning together and alone: Cooperative, competitive, and individualistic learning. Prentice-Hall, Inc.

Jonassen, D. H. (2000). Computers as mindtools for schools: Engaging critical thinking. Merrill Prentice Hall.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Nababan, D., Manik, S. M. G., & Siahaan, R. (2023). Strategi Project Based Learning (pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 557–566.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.

Pintrich, P. R. (2000). Multiple goals, multiple pathways: The role of goal orientation in learning and achievement. Journal of Educational Psychology, 92(3), 544.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society, 10, 2012.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh penerapan problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self efficacy peserta didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346.

Suryandari, K. C., Sajidan, S., Rahardjo, S. B., Prasetyo, Z. K., & Fatimah, S. (2018). PROJECT-BASED SCIENCE LEARNING AND PRE-SERVICE TEACHERS’SCIENCE LITERACY SKILL AND CREATIVE THINKING. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3).

Wahyu, R. (2016). Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49–62.

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Muchtar, T., Syahrul, S., & Saputra, A. M. A. (2025). PENGARUH DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2904–2915. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43017

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)